Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Dijaga 30 Ribu Personel TNI/Polri

Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Maruf Amin menyapa masyarakat Tangerang saat Karnaval Indonesia Satu di Banten, Minggu, 7 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Jadwal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin periode 2019-2024 rencananya akan dilakukan pada Minggu, 20 Oktober 2019 pukul 14.30 WIB di Gedung MPR/DPR RI.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Sebanyak 30 ribu personel gabungan dari TNI dan Polri akan diturunkan untuk mengamankan pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. TNI akan menjadi pimpinan operasi pengamanan pada 20 Oktober 2019.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani mengatakan bahwa aparat keamanan segera menyisir ring 1 dan ring 2 supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Modus Tipu-tipu Masuk TNI-Polri, Nina Wati Dilaporkan Bikin Korban Rugi hingga Rp1 Miliar

"DPR bersama MPR selaku tuan rumah sudah menyebarkan undangan. Adapun mengenai jadwal pelantikan telah ditetapkan pukul 14.30 sebagaimana ditetapkan para pimpinan MPR," kata Puan, seperti dikutip dari VIVAnews.

Puan juga menjelaskan, alasan pelantikan digelar pada Minggu sore karena untuk menghargai masyarakat yang beribadah di akhir pekan dan bersamaan hari bebas kendaraan bermotor atau dikenal car free day.

THR ASN, TNI/Polri hingga Pensiunan Cair! Sri Mulyani Sudah Salurkan Rp 13,4 Triliun

"Insya Allah pelantikan dimulai tepat waktu. Diharapkan seluruh undangan sudah hadir," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiyono menegaskan pihaknya bersama kepolisian tidak mengeluarkan izin terkait adanya unjuk rasa.

Meski demikian, mantan Danjen Kopassus itu bilang jajarannya tetap mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan manakala unjuk rasa tetap terlaksana.

"Jika terjadi unjuk rasa sepanjang pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin dipastikan ilegal. Saya imbau pelantikan berjalan secara khidmat," papar Eko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya