PO Box 9949 Disebut dalam Buku Gurita Cikeas

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah meresmikan Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Mafia Hukum yang diketuai Kuntoro Mangkusubroto. Satgas ini mengandalkan PO Box 9949 sebagai tempat menampung informasi publik.

Tahukah Anda jika George Junus Aditjondro menyebut PO Box ini dalam bukunya, "Membongkar Gurita Cikeas: di Balik Skandal Bank Century"?.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Pada halaman 86 buku yang diterbitkan Galang Press itu muncul sekilas mengenai PO Box itu.

PO Box itu dikatakan George sebagai salah satu kegiatan yang diurus "tim sukses" SBY dalam Pemilihan Presiden 2009. Total, George melansir ada 13 tim bayangan SBY dan salah satunya adalah Tim Romeo.

"Tim Romeo: Menjalin komunikasi dengan rakyat. Segala kebijakan SBY yang dianggap berhasil disosialisasikan kelompok yang dipimpin Mayor Jenderal (purn) Sardan Marbun. Tim ini juga mengurus PO Box 9949 dan SMS 9949," tulis George dalam buku 180 halaman itu.

Sekarang, PO Box itu digunakan secara resmi oleh SBY diurus Satgas yang dipimpin Kuntoro. Satgas ini akan bekerja selama dua tahun untuk menghilangkan sumbatan dalam proses penegakan hukum.

Wilayah kerja Satgas meliputi seluruh aparat penegak hukum yang berpotensi melakukan mafia hukum. Program pemberantasan mafia hukum merupakan program jangka panjang meskipun menjadi program prioritas dalam Program 100 hari pemerintahan.

SBY juga telah membuka Kotak Pos 9949 Jakarta 10000, kode GM, Ganyang Mafia sebagai wadah pelaporan makelar kasus.


Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

ismoko.widjaya@vivanews.com

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Mantan Sespri Sekjen Kementerian Pertanian, Merdian Tri Hadi menyebut terdakwa Kasdi Subagyo sempat berkomunikasi dengan seseorang melalui video call.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024