Ini 'Perintah Pertama' Ma'ruf Amin kepada Rakyat Indonesia

KH Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Wakil Presiden Terpilih Ma'ruf Amin mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk berdoa supaya dirinya dan Presiden Jokowi lancar dan selamat dalam menjalankan tugas negara untuk lima tahun ke depan.

Survei PWS: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Turun

"Saya mengajak semuanya untuk berdoa. Mudah-mudahan selamat dalam menjalankan tugas negara juga berjalan dengan baik. Semuanya dimudahkan," kata dia, di rumahnya di Jl Situbondo, Jakarta Pusat, Minggu, 20 Oktober 2019.

Dari pantauan VIVA, Ma'ruf Amin memakai peci dan jas hitam serta kemeja putih dan dasi merah. Ia berdiri dengan didampingi oleh Wury Estu Handayani. Usai membaca doa, Ma'ruf Amin siap-siap meluncur ke Gedung DPR/MPR tepat pukul 14.00 WIB.

Wapres: Air Bersih Penentu Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Sembari berjalan menuju mobil, pria yang akrab disapa Abah ini bilang rumah dinasnya sedang direnovasi. Ketika ditanya perasaannya menjelang dilantik, Ma'ruf Amin bilang begini. "Deg-degan tetaplah. Biasa itu manusiawi kan saya enggak pernah jadi wapres," ungkap Ma'ruf Amin.

Kemudian, ditanya lagi sebelum berangkat, apakah sudah makan siang. Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini dengan tegas menjawab sudah.

Wapres: Stunting Rugikan Negara Hingga Rp450 Triliun

"Tadi saya baru makan nasi goreng. Enak sekali," kata dia.

Pelantikan dihadiri oleh seluruh anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), yang juga terdiri dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Istimewanya lagi, pelantikan Jokowi-Ma’aruf Amin juga dihadiri oleh para pemimpin dan utusan dari sedikitnya 17 negara sahabat. Ada Australia, Singapura, China, Afrika, hingga Amerika Serikat.

Sebelumnya, berdasarkan susunan acara yang diterima, sebelum Jokowi dan Ma’ruf Amin hadir di ruangan rapat paripurna  I - tempat keduanya dilantik - seluruh anggota MPR dan tamu undangan lainnya masuk pada pukul 13.00 WIB.

Kemudian berlanjut dengan kehadiran tamu-tamu kehormatan dari negara-negara sahabat dan kehadiran mantan presiden dan wakil presiden. Pada pukul 14.02 WIB, Wakil Presiden terpilih, Ma’ruf Amin dijadwalkan tiba diikuti Jusuf Kalla yang merupakan Wakil Presiden periode 2014-2019.

Adapun Presiden Jokowi dijadwalkan masuk ke ruang pelantikan atau dikenal dengan nama beken Gedung Kura-Kura pada pukul 14.10 WIB.

Kehadiran Jokowi dan Ma'ruf Amin bersama dengan 10 pimpinan MPR yang merupakan tuan rumah sekaligus penyelanggara acara inagurasi pelantikan. Barulah pada pukul 14.30 WIB, semua undangan termasuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih ada di dalam satu ruangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya