Siti Nurbaya Bakar Datangi Istana, Wakili Nasdem

Menteri LHK Siti Nurbaya.
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA – Kader Partai NasDem, Siti Nurbaya Bakar menjadi orang kelima yang datang ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo pada Selasa 22 Oktober 2019. Namun Siti tidak memberi keterangan apa-apa saat tiba di Istana Negara.

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Seperti yang dilansir Vivanews, Siti memakai baju kemeja putih dan celana hitam sama seperti tokoh-tokoh sebelumnya yang bertemu dengan Presiden Jokowi pada Senin 21 Oktober 2019. 

Begitu tiba, Siti yang menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan periode 2014-2019 ini hanya menebar senyum dan langsung masuk Istana.

Usai Menlu Cina, Eks PM Inggris Tony Blair Datangi Istana Temui Jokowi

Sebelum Siti, keempat yang memenuhi panggilan Jokowi yaitu politikus Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, politikus PDI Perjuangan Juliari P Batubara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Selain itu, mantan Gubernur Sulawesi Selatan yang merupakan kader Partai NasDem, Syahrul Yasin Limpo juga datang ke Istana Negara. Semuanya kompak mengenakan baju kemeja putih dan celana hitam.

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Cina Wang Yi

Siti Nurbaya pernah menduduki berbagai jabatan pemerintahan. Pada 1981, karier pemerintahan Siti dimulai di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung. Siti kemudian menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Sebelumnya, sejumlah tokoh juga telah datang ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 21 Oktober 2019. Tokoh yang dimaksud yaitu mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, pendiri Gojek Indonesia, Nadiem Makarim, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, mantan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Komisaris Utama PT Adhi Karya Fadjroel Rachman dan Nico Harjanto.

Sejumlah nama yang dipanggil Presiden Jokowi disebut akan mengisi posisi menteri di Kabinet Kerja Jokowi jilid II. Tapi, nama Tetty Paruntu justru terkonfirmasi tidak dijadwalkan dan tak dipanggil untuk bertemu Jokowi. Mereka semua memakai baju putih saat datang ke istana, tapi hanya Tito yang berpakaian dinas Polri.

Erick Thohir mengatakan, kedatangannya ke Istana untuk menjalani wawancara sebagai calon menteri, tapi belum tahu posisi mana yang akan ditempati untuk membantu Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Karena, seyogyanya Jokowi yang mengumumkannya nanti.

"Intinya, interview saya rasa masing-masing calon menteri cukup lama karena memang beliau sangat detail breakdown rencana kerja. Di mana ini merupakan KPI," kata Erick.

Sementara, Mahfud mengatakan nama-nama menteri baru Jokowi itu akan diumumkan pada lusa atau Rabu, 23 Oktober 2019. "Pengumuman (menteri) lusa, Rabu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya