Angela Tanoesoedibjo jadi Wakil Menteri Wishnutama, Punya Modal Apa?

Angela Tanoesoedibjo
Sumber :
  • Instagram/@angelatanoesoedibjo

VIVA – Setelah melantik menteri Kabinet Indonesia Maju pada Rabu 23 Oktober 2019, Presiden Joko Widodo kini mulai memanggil calon wakil menteri ke Istana Negara. 

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Pada Jumat 25 Oktober 2019, ada 12 nama calon menteri yang dipanggil menghadap Jokowi. Salah satunya adalah putri Hary Tanoesoedibjo, Angela Tanoesoedibjo. Setelah bertemu dengan Jokowi, Angela mengonfirmasi bakal membantu pemerintah dalam bidang ekonomi kreatif dan pariwisata. Artinya, Angela bakal menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mendampingi Wishnutama. 

Angela datang ke Istana Negara dengan mengenakan kemeja putih dan bawahan hitam. Bagaimana sepak terjang Angela dan punya modal pengalaman apa dalam bidang ekonomi kreatif dan pariwisata?

Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikasi Tanah Pondok Pesantren Keluarga Amrozi

Angela sebelumnya sudah berkecimpung dalam bisnis media milik ayahnya yang menjabat Komisaris Utama PT Media Nusantara Citra Tbk. Dia menjadi Direktur perseroan Media Nusantara Citra, Wakil Direktur RCTI sampai Wakil Direktur GTV. 

Dikutip dari laman MNC.co.id, Angela ditunjuk Direktur Perseroan sejak Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 30 September 2016 dan dinyatakan dalam Akta Penyataan Keputusan Rapat No. 70 tanggal 30 September di tahun yang sama. 

Penyebab Beras SPHP Langka di Ritel, Wamen BUMN Blak-blakan

Wanita kelahiran 1987 ini bergabung dengan Perseroan pada 2008, dengan mendalami berbagai peran manajemen di seluruh portofolio bisnis Perseroan. Saat ini, menjabat sebagai Managing Director PT Global Informasi Bermutu (GTV).

Sebelumnya, Angela pernah menjabat beberapa posisi eksekutif di Perseroan, yaitu sebagai Direktur PT MNI Entertainment (November 2011-Juni 2017), Wakil Direktur MNC Channels (2013-2014) dan Corporate Finance and Business Development Associate PT Media Nusantara Citra Tbk (2010-2013).

Untuk riwayat pendidikan, Angela menyelesaikan Bachelor of Arts in Communications (Media Arts and Productions) dari Universitas Teknologi Sydney Australia pada 2008, serta gelar Master of Commerce dalam bidang Keuangan dari Universitas New South Wales Australia pada 2010.

Sepak terjang politik

Angela juga mengekor ayahnya di bidang politik dengan menjadi pengurus pusat Partai Perindo. Pada partai tersebut, Angela menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal VII. 

Pada pemilu legislatif 2019 lalu, Angela maju sebagai calon legislatif DPR melalui Perindo dengan daerah pemilihan Jawa Timur I yaitu wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Sayang, Angela tak bisa melenggang lantaran Perindo tak lolos ambang batas parlemen sebesar 4 persen dari perolehan suara nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya