5 Adab Sopan Santun Presiden Jokowi yang Dipertanyakan Terkait KPK

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas, Feri Amsari mempertanyakan adab sopan santun ketatanegaraan Presiden Joko Widodo. Ia menyatakan hal itu karena ?Jokowi tidak jadi mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Komisi Pemberantasan Korupsi.

Alih-alih mengeluarkan Perppu KPK, Jokowi malah menyarankan untuk bisa ke Mahkamah Konstitusi guna menguji Perppu KPK. Maka dari itu dilansir dari laman VIVAnews, Feri mempertanyakan lima sikap Jokowi soal adab sopan santun tata negara terkait proses revisi UU KPK. 

Saat bahas revisi UU KPK

Adab sopan santun saat presiden membahas revisi UU KPK itu ada atau tidak. Feri mengatakan, KPK selaku instansi terkait tak diundang. Menurutnya bagaimana UU KPK itu akan baik fungsinya jika KPK saja tidak diajak duduk bersama dalam revisinya.

"Ketika kemudian partisipasi publik tidak dilibatkan, dan KPK sendiri sebagai lembaga yang konon katanya dianggap sebagai lembaga eksekutif juga tidak dilibatkan presiden pada pembahasan," ujar dia di Kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Jalan Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Minggu 3 November 2019.

 

Tidak kuorum di DPR