Logo BBC

PDKT ke Anies dan PKS, Nasdem Cari Celah untuk Pilpres 2024?

- ANTARA FOTO
- ANTARA FOTO
Sumber :
  • bbc

Langkah Nasdem mendekati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan partai di luar koalisi pemerintah, PKS, disebut sebagai upaya mencari peluang menguntungkan untuk Pilpres 2024.

Pendapat itu disampaikan oleh Direktur Riset Populi Center Usep S. Ahyar ketika diminta penilaiannya. Menurutnya, Nasdem adalah salah satu partai terkuat di koalisi Jokowi yang tengah mengambil posisi sebagai `penyeimbang pemerintah`, dengan mendekati pihak-pihak yang dianggap berseberangan dengan pemerintah.

Dengan bergabungnya Partai Gerindra dalam pemerintahan, Usep mengatakan, pihak oposisi atau penyeimbang pemerintah tidak ada, dan Nasdem tampak berupaya mengisi posisi itu.

"Dalam demokrasi, logikanya satu sisi harus ada yang berkuasa, satu sisi harus ada penyeimbang. Oposisi ini biasanya mendapat tempat di masyarakat," ujar Usep.

Usep memberi contoh di masa lalu, Gerindra dan PDI-P berhasil menjadi partai politik yang kuat karena mengambil posisi oposisi pemerintah.

"Nasdem mengambil peluang ini yang belum diambil oleh yang lain (partai-partai lain) sambil merangkul tokoh-tokoh lain. Tujuannya untuk 2024."

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh disindir Presiden Joko Widodo mengenai pelukannya dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman seusai pertemuan tertutup kedua partai di DPP PKS akhir Oktober lalu.

Sindiran itu pun dibalas oleh Surya Paloh dalam pembukaan Kongres Nasdem akhir pekan lalu, yang mengatakan ia merasa upaya silaturahminya dicurigai.