Pemilihan Gubernur Sumbar

PDIP Siap Gabung Gerindra Usung Fadli Zon

VIVAnews - Dewan Perwakilan Daerah Partai Indonesia Perjuangan Sumatera Barat siap berkoalisi dengan Gerindra untuk mencalonkan Fadli Zon sebagai calon gubernur Sumatera Barat.

Sekjen DPD PDIP Sumbar, Alexander Indra Lukman mengaku, partainya telah menjalin koalisi dengan sejumlah partai untuk mengusung pasangan calon gubernur.

"Jika Fadli Zon serius, koalisi dengan Gerindra tidak ada masalah karena kedua partai memiliki banyak kesamaan," kata Alexander Indra Lukman pada VIVAnews, Rabu, 6 Januari 2010.

Sedikitnya, Gerindra mesti melakukan koalisi dengan dua partai jika melibatkan PDIP sebagai mitranya. PDIP hanya mengantongi tiga kursi DPRD Sumbar hasil Pemilu legislatif lalu. Sedangkan Gerindra hanya mengantongi empat kursi di legislatif.

Gabungan dua partai belum memenuhi kuota untuk mengusung Fadli Zon sebagai calon gubernur. Namun, ujar Alex, pihaknya telah menjaring koalisi dengan PBR dan hal tersebut cukup untuk mengajukan pasangan calon.

"PBR punya dua kursi di DPRD, dan hal itu cukup untuk mengajukan pasangan calon karena telah memenuhi syarat 15 persen dari jumlah kursi dewan," kata Alex. Ia pun mengaku, PDIP telah menjalin hubungan kuat bersama 22 partai yang tak mendapatkan kursi untuk memenangi Pilkada provinsi.

PDIP memiliki pengalaman memenangi Pilkada provinsi lima tahun silam dengan mengusung Gamawan Fauzi dan Marlis Rahman sebagai gubernur dan wakil gubernur bersama PBB. Pencalonan Fadli Zon sebagai gubernur Sumbar diungkapkan partai Gerindra beberapa waktu lalu.

Laporan: Eri Naldi| Padang

Buru Harta Rafael Alun, KPK Serahkan Memori Kasasi
Bea Cukai bersama BNN sita dan musnahkan sabu

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Bea Cukai berhasil menyita barang bukti seberat 21 kg, dan seluruhnya telah dimusnahkan pada Rabu (24/04) di Kantor BNNP Banten.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024