Dianggap Hina Jokowi, Ramai Tagar #RockyGerungMenghinaPresiden

Akademisi Rocky Gerung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Tanda pagar (tagar) #RockyGerungMenghinaPresiden ramai sejak Rabu dini hari, 4 Desember 2019. Pernyataan Rocky yang dianggap mengina presiden itu terucap saat menjadi pembicara di acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne pada Selasa malam, 3 Desember 2019.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Para netizen mengunggah ulang potongan video Rocky yang dianggap menghina Presiden. Rocky sempat menyebut Presiden tak paham Pancasila, meski pun presiden hafal.

“Kalau dia paham, tidak berutang. Kalau dia paham, tidak naikin BPJS. Kalau dia paham, dia tidak melanggar Undang-undang Lingkungan,” kata Rocky seperti cuplikan dari video yang beredar.

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

Mendengar pernyataan Rocky Gerung, anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Junimart Girsang merasa tersinggung dan menyatakan bahwa pernyataan itu tak pantas diucapkan Rocky. Karena itu, dia berniat akan melaporkannya ke polisi.

"Presiden Jokowi dari PDIP dan atas seizin pengurus, saya akan melaporkan (Rocky Gerung) karena sudah menghina simbol negara," kata dia di acara ILC, dikutip dari VIVAnews.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Sementara tak sedikit juga warganet yang mendukung Rocky Gerung. Bahkan, ada yang mengunggah ulang potongan video budayawan Sudjiwo Tedjo yang mengatakan bahwa Pancasila memang tak ada, yang ada hanya gambar Garuda Pancasila.

“Pertanyaan saya sekarang, Pancasila itu ada enggak sih? Bagi saya enggak ada, jujur. Yang ada gambar Garuda Pancasila, teks Pancasila. Tapi Pancasila itu tidak ada, siapa yang mau anti terhadap sesuatu yang tidak ada? Kalau Pancasila itu ada, air kita tidak beli. Lapangan kerja gampang, masak iuran kesehatan sampai digencet-gencet masyarakat diancem tidak boleh perpanjang SIM, dari mana gitu loh? BPJS mestinya enak, sekarang kok malah jadi takut orang, di mana Pancasilanya?” tutur Sudjiwo Tedjo.

Sementara potongan video Rocky tersebut mendapat banyak komentar dari warganet. Mereka ada yang pro dan kontra dengan pernyataannya.

"Rocky Gerung akan dilaporkan karena sudah menghina presiden. Dukung @PDI_Perjuangan. #RockyGerungMenghinaPresiden," tulis salah satu warganet.

"Silakan simak guys... di mana letak pak #RockyGerungMenghinaPresiden?? Jelas yang disebutkan Pak RG fakta, menaikkan BPJS, merampas tanah rakyat dan lain-lain. Sejak kapan kritik disebut jadi menghina??" tulis warganet lain.

"Diskusi itu adalah saling tukar pikiran, kalau dalam diskusi saja kita saling lapor, buat apa masih kita diskusi? Karena Kalau ada yang salah ketika diskusi, kita selesai kan juga dalam diskusi tersebut," tulis lainnya.

"Hai orang-orang yang bilang #RockyGerungMenghinaPresiden kalian ingat kalau @sudjiwotedjo pernah bilang kalau pancasila gak ada apa gak? Hayo pada mikir yo jangan dikit-dikit lapor," tulis warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya