Ikut Pilkada Solo, Gibran Mulai Tiru Gaya ‘Blusukan Jokowi’

Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria Fundrika

VIVA – Gibran Rakabuming Raka, putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai mengikuti jejak bapaknya untuk terjun ke dunia politik. Rencananya, Gibran bakal maju sebagai calon Wali Kota Solo pada Pilkada Serentak 2020.

Kaesang hingga Putri Akbar Tandjung Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo Pengganti Gibran

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Mungkin begitu kata peribahasa. Nah, Gibran mulai meniru gaya ayahnya untuk menjadi pejabat publik, yakni blusukan.

Sejak dua hari lalu, Gibran sangat aktif mengunggah foto-foto blusukannya ke media sosial instagram. Ia mengupload foto sedang blusukan ke Pasar Nusukan, Kota Solo, Jawa Tengah.

Diah Warih Ngobrol Akrab dengan Jokowi di Istana, Minta Restu Maju Pilkada Solo?

Bukan cuma menyalami para pedagang maupun pengunjung, Gibran juga berbelanja pakaian untuk sang buah hati Jan Ethes dan La Lembah Manah. Ini persis dengan gaya Jokowi kalau lagi blusukan ke pasar dan hal itu diakui Gibran.

“Pasar tradisional itu sangat dekat dengan Bapak saya, sejak Bapak masih menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta sampai jadi Presiden RI,” tulis Gibran yang dikutip pada Rabu, 11 Desember 2019.

Bukan Cagub atau Cawapres, Gibran Disarankan Matang Dulu Jadi Walkot Solo 2 Periode

Jadikan pasar tradisional destinasi wisata

Gibran saat ini sedang menggeluti bisnis kuliner. Ia ingin menjadikan pasar tradisional sebagai salah satu destinasi wisata di samping tempat bertemunya para penjual dan pembeli.

“Saya ingin tetap menjaga pasar tradisional ada di tengah kehidupan masyarakat yang makin modern dan saya ingin ke depan pasar tradisional ini bisa menjadi destinasi wisata,” ujarnya.

Di samping pasar tradisional adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli, Gibran menilai pasar tradisional itu bisa menjadi ajang srawung warga tempat bertemu masyarakat dari semua kalangan.

Menurut dia, fungsi pasar tradisional yang aktif sejak pagi buta sampai sore hari menjual kebutuhan rumah tangga sudah menjadi rutinitas. Ketika sore hari menuju pagi buta lagi, beberapa pasar tradisional tampak sepi.

Rasanya akan menarik kalau jelang sore sampai larut malam pasar-pasar ini bisa dihidupkan sebagai destinasi wisata kuliner di malam hari. Tentunya, harus dikemas dalam suasana yang menarik, bersih dan makanannya yang enak-enak.

“Saya masih terngiang sebutan ‘Solo Kota yang Tak Pernah Tidur’,” kata Gibran.

Meskipun Gibran meniru blusukan gaya Jokowi, apakah ia berhasil meningkatkan elektabilitasnya untuk menjadi salah satu kandidat calon Wali Kota Solo pada Pemilukada 2020 seperti Sang Bapak?

Yang terpenting, Gibran bakal mendapatkan tiket tidak dari partai politik untuk menjadi salah satu kontestan calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2020 nanti?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya