Kontroversi Salam Pancasila, Warganet Bikin Meme Hingga Survei

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPI), Yudian Wahyudi
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, kembali menjadi sorotan, karena mengusulkan ucapan assalamualaikum diganti dengan Salam Pancasila.

Benny BPIP: Demokrasi Pancasila Harus Terus Ditegakkan

Banyak tokoh masyarakat yang mengecam usulan Yudian tersebut, yang ingin mengganti salam assalamualaikum dengan Salam Pancasila di media sosial. Sejumlah pihak bahkan ingin BPIP dibubarkan. 

Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, mengatakan masyarakat tampaknya akan sulit percaya lagi dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila semenjak dipimpin oleh Yudian Wahyudi.

Populerkan 'Salam Pancasila', Megawati: Kalau Mau Marah, Marahnya Sama Pak Jokowi

"Kejepit benar BPIP ini. Sekarang semua agama malah jadi 'lawannya'. Romo Magnis aja angkat bicara. Karena start-nya buruk, bicara apapun Prof. Yudian ini sudah sulit dipercaya orang. Ketimbang bebani uang negara dan sejak awal juga tak jelas gunanya, apa tidak lebih baik BPIP dibubarkan saja?" katanya.

Meme Salam Pancasila

Tancap Gas, BPIP Lanjut Sosialisasi Pancasila ke Milenial via TikTok

Pernyataan Yudian ingin mengganti ucapan assalamualaikum dengan Salam Pancasila tentu menuai reaksi dari warganet, mulai dari membuat survei setuju atau tidak BPIP dibubarkan, hingga dibuatkan gambar meme.

Gambar meme seperti diunggah oleh akun Albarra_back @2Malbarra. Di situ menggambarkan suasana bagaimana salam dalam Islam, yakni assalamualaikum diganti dengan Salam Pancasila ketika sedang bertamu.

"Assalamualaikum. Met sore sahabat Tweeps. Kepala BPIP yang baru diangkat, bikin gaduhnya minta ampun. Nyari apa sih sampeyan? Ya agama vs pancasila, terbaru assalamualaikum diganti pakai salam pancasila. Kebayang kalau bertamu ke rumah orang, nanti disangka gila lagi. Pic sekadar ilustrasi," tulisnya.

Sementara Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Tengku Zulkarnain membuat survei kepada netizen terkait setuju atau tidak lembaga BPIP itu dibubarkan. Ternyata, hasilnya banyak yang ingin BPIP dibubarkan.

"Soal BPIP DIBUBARKAN atau TIDAK, Hasil Poling di Twiter ini ternyata dari 14.399 suara yang masuk, hasilnya adalah: 93 persen SETUJU BPIP DIBUBARKAN. Dan, 7 persen suara TIDAK setuju. Bagaimana Netizen...?" ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya