Di Tengah Bencana Corona, AHY Terpilih Jadi Ketua Umum Partai Demokrat

Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Agus Harimurti Yudhoyono, secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025. AHY terpilih sebagai ketua umum Partai Demokrat dalam Kongres V Partai Demokrat yang dilangsungkan di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta Minggu 15 Maret 2020.

Demokrat Tak Ingin Tuntut Jatah Menteri Kabinet ke Prabowo Subianto

Dalan proses pemilihan, AHY adalah satu-satunya calon ketua umum yang mendaftarkan diri di Partai Demokrat. Karena itulah AHY terpilih secara aklamasi dan memperoleh dukungan lebih dari 70 persen DPD Partai Demokrat.

"Setelah kami melakukan verifikasi administrasi calon ketua umum dan dikatakan memenuhi persyaraatan, maka berdasarkan Pasal 25 ayat 6 dan ayat 7 peraturan tata tertib kongres telah ditetapkan secara aklamasi bapak Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Ketua Umum Partai Demokrat 2020 - 2025," kata Evert Ernest Mangindaan selaku pimpinan sidang Kongres PD di lokasi Minggu siang.

AHY: Misi Besar Demokrat Kembali ke Pemerintahan Nasional Telah Tercapai

Mangindaan lalu meminta persetujuan kepada para peserta kongres untuk memutuskan AHY terpilih secara aklamasi. "Apakah dapat disetujui?," tanya E.E kepada para peserta sidang Kongres V PD.

Para peserta yang ada di ruang sidang menunjukkan respons positif dan tak ada penolakan terkait hal tersebut. "Ya..!" Teriak para peserta yang hadir

Di Hadapan Prabowo, AHY Cerita Demokrat Kehilangan Kursi di DPR Gegara Marak Politik Uang

Setelah terpilih secara aklamasi, AHY pun terlihat langsung menemui sang ayah yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Periode sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Terlihat AHY memberikan salam hormat dan juga memeluk SBY.

Kongres Partai Demokrat ini digelar hanya datu hari pada Minggu 15 Maret 2020 saja. Penyelenggaraan Kongres dipercepat dari yang semula dijadwalkan pada bulan Mei, dan waktunya juga dipersingkat dari yang sebelumnya tiga hari menjadi hanya satu hari. Hal itu karena pemerintah sudah menetapkan status bencana nasional virus corona.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY: Enggak Masalah Kursi Demokrat di DPR Turun, yang Penting Prabowo Menang

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku tak berkecil hati meski partainya kehilangan sejumlah kursi di DPR RI periode 2024-2029. Justru, AHY me

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024