Komjen Susno Duadji:

"Laporan Kejahatan Robert Bukan Kesadaran BI"

VIVAnews - Bank Indonesia (BI) memang melaporkan adanya kejahatan perbankan yang dilakukan Robert Tantular kepada polisi. Tapi, laporan yang dibuat BI itu bukan atas kesadaran sendiri.

"Jadi bukan kesadaran mau lapor," kata mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Susno Duadji, dalam rapat pemeriksaan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Bank Century di Gedung DPR, Rabu 20 Januari 2010.

Pernyataan Susno itu menjawab pernyataan anggota Pansus Century dari Fraksi Demokrat Benny K Harman. Pertanyaan Benny adalah apakah Susno Duadji masih mengingat apa saja yang dilaporkan BI pada 25 November 2008, saat penangkapan Robert Tantular.

Menurut Susno, pada saat itu dilaporkan ada kejahatan perbankan oleh Robert Tantular. Tetapi, yang memanggil Robert itu Polri dan awalnya bukan atas laporan dari BI.

"BI itu justru saya minta datang malam itu tidak datang. Dua hari setelah itu baru datang, tapi kita butuh laporan polisi," ujar mantan Kapolda Jawa Barat ini.

Menurut Susno, meski BI tidak melaporkan adanya dugaan kejahata perbankan yang dilakukan Robert Tantular, Polri tetap akan membuatnya. Caranya, membuat laporan model A. "Jadi bukan kesadaran mau lapor tapi itu untuk kelengkapan berkas," kata Susno.
Pertanyaan ini masih terkait penangkapan Robert Tantular apakah berdasarkan laporan BI, perintah Wakil Presiden Jusuf Kalla atau dari Kapolri.

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah


ismoko.widjaya@vivanews.com

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen
Ammar Zoni

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Mumpung Ramadan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024