Bahas Pencapaian Pileg, Airlangga akan Pimpin Rapat Korbid Golkar

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar akan menggelar Rapat Koordinasi Bidang yang dimulai Jumat 6 September 2019 sampai Selasa 10 September 2019. Rapat Koordinasi Bidang ini akan digelar di kantor DPP, Slipi, Jakarta Barat.

Menko Airlangga Bertemu Menteri Singapura Bahas KEK hingga Kerja Sama Ketenagakerjaan

Ketua DPP Partai Golkar bidang Media dan Penggalangan Opini, Ace Hasan Syadzily mengatakan rapat akan dihadiri dan dipimpin langsung Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto yang ditemani Sekretaris Jenderal DPP Golkar, Lodewijk F. Paulus.

"Semua pengurus DPP Partai Golkar, baik pengurus harian maupun pengurus pleno, akan diundang dalam rapat Korbid ini," ujar Ace Hasan dalam keterangannya, Rabu, 4 September 2019.

Kata Airlangga soal Isu Partai NasDem dan PPP Gabung Koalisi Prabowo: Bagus

Dia menjelaskan, dalam struktur DPP Golkar terbagi dengan posisi Koordinator Bidang (Korbid) Kepartaian, Korbid Ekonomi, Korbid Inovasi Sosial, Pemuda dan Perempuan. Ada juga Korbid Penggalangan Khusus, Korbid Kesra, Korbid Keumatan, Korbid Pemenangan Pemilu Sumatera, Jawa-Kalimantan, dan Indonesia Timur.

Ace menambahkan, hasil dari rapat korbid ini menjadi rangkaian mekanisme organisasi untuk evaluasi secara komperehensif. Hasil rapat ini nanti dikompilasi sebagai laporan resmi DPP Golkar.

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Ini Harapan Airlangga

"Dalam rapat tersebut nanti dibahas program kerja apa saja yang sudah berhasil dilaksanakan dan pengaruhnya terhadap elektoral Golkar dalam pemilu 2019 lalu," kata anggota DPR tersebut.

Namun, terkait bidang kepartaian dan pemenangan pemilu punya agenda rapat konsolidasi khusus. Sebab, dua divisi tersebut fokus pada pembahasan Pilpres dan Pileg di masing-masing daerah.

Kata dia, peran Korbid Pemenangan Pemilu punya kewajiban mengevaluasi target pilpres serta perolehan kursi DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten, kota di Pileg 2019. Selain itu, dibahas pula persoalan yang menjadi hambatan Golkar dalam Pemilu 2019 lalu.  

Selain itu, rapat Korbid Kepartaian dengan Korbid Pemenangan Pemilu akan membahas tentang kesiapan menghadapi Pilkada serentak 2020. "Dalam rapat ini akan dibahas mekanisme rekruitmen calon kepala daerah dan pemetaan daerah-daerah yang akan menghadapi Pilkada 2020," jelasnya.

Dari ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pencapaian Golkar di Pileg 2019 meraih suara sah 17.229.789. Angka ini mencapai 12,31 persen dengan 85 kursi di DPR. [mus]    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya