Mahasiswa UI dan Trisakti Demo di Ruang Tes Irjen Firli

Firli Bahuri (kiri) saat masih jadi Deputi Penindakan KPK bersama Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA –  Uji kelayakan dan kepatutan Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri sempat membuat gaduh tepat di balkon Komisi III DPR. Sebabnya, tujuh mahasiswa melakukan aksi memprotes Firli sebagai capim KPK.

Hari Ini Hakim MA Gazalba Saleh Bakal Diadili di PN Jakpus

Mereka yang aksi terdiri tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan empat mahasiswa Universitas Trisakti.

Saat Firli sedang menjelaskan paparannya, satu mahasiswa yang memakai almamater UI dan dua mahasiswa dengan almamater Universitas Trisakti mengangkat kertas berukuran A4 bertuliskan SOS. Lalu, mereka juga mengangkat gambar buaya di deretan paling depan kursi balkon Komisi III DPR RI.

Nama Eko Disebut Masuk Bursa Calon Menteri, PAN: Kita Tunggu Saja

Lalu, dari arah pintu balkon, sejumlah mahasiswa UI dan Trisakti lainnya mengarahkan lampu laser ke kertas-kertas yang mereka angkat tersebut. Hanya sekitar 5 detik, aksi mereka pun langsung dihentikan pengamanan dalam (pamdal) DPR RI.

Para pamdal pun langsung menarik mahasiwa yang berada di kursi terdepan balkon komisi III DPR. Begitu pun dengan mahasiswa yang menyalakan laser, juga diamankan dan dikeluarkan dari ruangan.

Alasan Nurul Ghufron Gugat Dewas KPK ke PTUN dan MA

Keluar dari ruang balkon komisi III DPR RI, ada mahasiswa yang sempat akan mengangkat lagi kertas tersebut, tapi langsung diturunkan pamdal. Mereka pun diarahkan keluar dan turun ke lantai dasar.

Sebelumnya, Inspektur Jenderal Firli Bahuri yang pernah jadi Deputi Penindakan KPK dianggap melanggar etik. Sebab, Firli bertemu dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Tuan Guru Bajang saksi kasus di KPK. Saat itu, KPK sedang menyelidiki kasus dugaam suap divestasi Newmont. (asp)

Ketua Umum Pan Zulkifli Hasan bersama Pasha Ungu, Eko Patrio dan Uya Kuya

Alasan PAN Bilang Eko Patrio Pantas Jadi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Nama politikus PAN Eko Patrio disebut menjadi salah satu nama menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024