Eks Rektor Unhan Direkomendasikan Jadi Menhan

Presiden Joko Widodo ngopi bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Wisnu Widiantoro

VIVAnews - Nama Letnan Jenderal TNI (Purn) Syarifudin Tippe disebut-sebut layak menjadi salah satu kandidat Menteri Pertahanan di kabinet Jokowi yang baru. Tokoh kelahiran Sinjai, Sulawesi Selatan, yang pernah menjadi rektor Universitas Pertahanan itu memiliki rekam jejak cukup baik dalam dunia militer.

Cerita Jokowi Bertemu Bos Apple-Microsoft: Memprihatinkan

CEO ESQ Leardership Center Ary Ginanjar menilai Syarifuddin adalah salah satu sosok yang punya kompetensi tiga kecerdasan yang lengkap. Dia adalah seorang professor, tentunya cerdas secara intelektual. Selain itu, dia seorang TNI dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Dengan demikian, bisa dikatakan sangat cinta akan bangsa ini dan punya mental yang kuat.

"Artinya beliau cerdas secara emosional," kata Ary melalui keterangan persnya, Jumat, 20 September 2019.

Jawaban Kocak Jokowi Usai Lengser

Ary mengaku mengenal Syarifudin juga sebagai sosok yang sangat cerdas dari sisi spiritual. "Dia orang takwa, sholeh, dan dia adalah orang yang saya rekomendasikan untuk Indonesia hebat di bidang pertahanan,” kata Ary lagi.

Karier militer pria kelahiran 7 Juni 1953 cukup mentereng dengan berhasil menduduki posisi-posisi penting di TNI, khususnya Angkatan Darat. Syarifudin Tippe ini juga masih menjadi dosen di Seskoad.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Jokowi: Udah Bener

Dia memulai karier militernya sebagai Komandan Peleton 2 Denzipur 6, Komandan Peleton 1 Denzipur 6, Kasitik Milum Pusdikzi, dan Danrem Kodam 1 Bukit Barisan.

Selain itu, berbagai penghargaan telah diterimanya seperti SL GOM VII Aceh, SUKS VIII, SUKS XVI, SUKS XXIV, Bintang Yudha Kartika, Bintang Kartika, Medali Kepeloporan serta berbagai penghargaan lainnya.

Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kodam Iskandar Muda tahun 2002-2003, Komandan Seskoad tahun 2003-2006, dan hingga menjabat sebagai Pejabat Sementara Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) dan akhirnya pada tahun 2011-2012 menjabat sebagai Rektor Unhan. Syarifudin juga termasuk salah satu inisiator berdirinya Unhan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya