Mahasiswa Tanyakan Fungsi Agenda 100 Hari SBY

VIVAnews - Mahasiswa menggugat klaim keberhasilan realisasi program 100 hari pemerintah. Pasalnya, patut dipertanyakan relevansi  agenda 100 hari dengan rencana pembangunan lima tahun.

"Sejauh ini tidak melihat ada benang merah antara program 100 hari yang dilaksanankan oleh pemerintah dengan kelanjutan pembangunan," ujar Koordinator Badan Eksekutif Mahasiswa se-Indonesia (BEM-SI) Pidi Winata, dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Jumat malam, 22 Januari 2010.

Menurut dia, klaim keberhasilan itu harus disertai indikator dan bukti konkret yang terukur. Salah satunya, berdampak langsung pada kesejahteraan rakyat. "Bila tidak, maka bottle neck program itu hanyalah terkesan untuk pencitraan semata dan masyarakat sudah bosan dengan itu," ujar mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta itu.

Dia mengakui, hampir saja lupa untuk mencermati kemajuan program 100 hari. Sebab, perhatian lebih tertuju pada pertikaian Cicak-Buaya, Kasus Antasari dan Centurygate. "Yang kini masih berputar-putar di Pansus Angket DPR," kata dia.

Agar tidak berlarut-larut, mahasiswa menuntut Presiden SBY untuk turun tangan dalam menyelesaikan polemik tersebut agar tidak berlarut-larut dan mengganggu stabilitas ekonomi, politik serta jalanya pemerintahan.

"Dalam situasi yang terkesan saling lempar tanggung jawab ini, Presiden tidak boleh ikut-ikutan tidak tahu menahu dan lempar tanggung jawab. Presiden sebagai kepala keperintahan harus segera memberikan kepastian siapa yang harus bertanggung jawab," ujarnya.

Pidi mengungkapkan pihaknya akan kembali turun ke jalan pada 28 Januari mendatang. "Kami akan menggelar Aksi nasional serentak di pusat dan di seluruh daerah," ujarnya.

Kini, mereka sedang berkonsolidasi di Universitas Negeri Jakarta. Konsolidasi itu dihadiri BEM SI teritori 3 (Bandung& Jawa Barat), teritori 4 (Jabodetabek) dan teritori 5 (Jogja, Solo, Semarang, Purwokerto).

hadi.suprapto@vivanews.com

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024