Puan Harap Fraksi di DPR Tidak Terpecah

Pelantikan pimpinan DPR.
Sumber :
  • Eduward Ambarita/VIVAnews.

VIVA – Ketua DPR, Puan Maharani berharap, lembaga yang ia pimpin saat ini semakin solid.
Ia menyadari, dinamika kelembagaan DPR yang dinamis, jangan sampai membuat antarfraksi jadi terbelah. 

Hadiri Qatar Economic Forum, Prabowo Ungkap Hal yang Jadi Prioritas di Pemerintahannya

"Walaupun fungsi-fungsi di DPR akan berjalan secara dinamis, namun hal itu tidak boleh membuat kita menjadi terpecah belah dan kontraproduktif," kata Puan dalam sambutannya sesaat, setelah dilantik di Ruang Paripurna, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa malam, 1 Oktober 2019.

Puan mengatakan, dinamika di parlemen dipastikan terjadi. Namun, sejalan dengan landasan utamanya, yakni Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bineka Tunggal Ika. Ke depan, perbedaan pandangan dan sikap fraksi dapat menyatu dengan semangat gotong royong di dalamnya. 

Menguatkan Nilai Luhur Pancasila di Lingkungan Kampus

"DPR adalah lembaga yang merupakan representasi rakyat, sehingga Gedung DPR adalah rumah rakyat. Karena itu, kita akan selalu terbuka terhadap setiap aspirasi dan masukan yang kita terima dari masyarakat," ujarnya. 

"Hanya dengan semangat gotong royong dan niat pengabdian yang tulus dari semua Anggota DPR, maka kita akan dapat menjalankan amanah sebagai wakil rakyat," tambah Puan.

DPR Kembali Gelar Rapat Paripurna Hari Ini, Puan dan Cak Imin Absen

Dalam pengambilan sumpah Puan dan empat Wakil Ketua DPR lainnya, lima pimpinan DPR baru mendapat respons positif dan riuh dari para anggota DPR yang hadir. Hampir semua atau 575 Anggota DPR yang hadir terlihat memenuhi ruangan paripurna, Selasa malam.

Di antara tamu yang hadir pada pelantikan, yakni Presiden kelima RI Megawati Seokarnoputri dan suami Puan, Hapsoro Sukmonohadi. (asp)

Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto saat menghadiri Qatar Economic Forum 2024 di Doha, Rabu, 15 Mei 2024 (sumber: Tim Media Prabowo)

Prabowo Bocorkan Gaya Kepemimpinannya: Saya Ingin Jadi Diri Sendiri dengan Tulus

Prabowo Subianto jawab tudingan dirinya dikhawatirkan anti demokrasi. Menurut Prabowo, itu dibuat segelintir orang.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024