PKS Ikut Dukung Bambang Soesatyo

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid di Senayan, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Calon pimpinan MPR dari fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid menerima usulan untuk mendukung Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR. Hal ini dilakukan agar pemilihan Ketua MPR bisa melalui mekanisme musyawarah mufakat.

Ketua MPR: Putusan MK Menjadi Akhir dari Berbagai Upaya Hukum Konstitusional

"Dalam semangat untuk menghormati kebijakan untuk mengambil keputusan, untuk menghadirkan perubahan untuk memunculkan permusyawaratan dan permufakatan, maka PKS bisa menerima usulan untuk mendukung Pak Bambang Soesatyo sebagai calon ketua MPR," kata Hidayat di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2019.

Ia menyebutkan dalam rapat lobi antar fraksi bersama kelompok DPD, PDIP, Golkar, Nasdem, PKB, Demokrat, dan PPP menyatakan dukungannya kepada Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo. Adapun Gerindra masih yakin fraksi lainnya ingin agar Gerindra mendapatkan kursi ketua MPR.

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

"Realitanya ada 8 fraksi yang sudah mendukung Bambang Soesatyo sebagai ketua. Termasuk PKS di dalamnya. Kemudian DPD akan menyampaikan pendapatnya tapi sepertinya tidak mengusulkan nama ketua di luar bapak Bambang Soesatyo," kata Hidayat.

Sebelumnya, semua fraksi akan mendapatkan jatah pimpinan MPR. Fraksi Gerindra dan Golkar berebut kursi Ketua MPR.  Delapan fraksi secara terbuka mendukung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR. Adapun Gerindra belum memberikan dukungan pada Bamsoet dan menginginkan mekanisme voting.

Bamsoet Sebut Ketua TPN Ganjar-Mahfud Bakal Sowan ke Prabowo
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat membuka sidang tahunan MPR 2023

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, seluruh elemen bangsa perlu bergandengan tangan,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024