Dukungan DPD Berlabuh ke Bamsoet Jadi Ketua MPR

Bambang Soesatyo.
Sumber :

VIVA – Fraksi Partai Golkar membantah pernyataan anggota DPD asal Gorontalo, Fadel Muhammad, terkait syarat dukungan Bambang Soesatyo menjadi ketua MPR.

Golkar Bertemu PKS, Peluang Koalisi di Pilkada Sumatera Utara Terbuka?

Ketua Fraksi Golkar di MPR, Zainudin Amali, menuturkan lima syarat yang diajukan Fadel sebelumnya tidak dibahas secara khusus dalam rapat gabungan. Ia menganggap, pendapat itu hanya pendapat pribadi Fadel.

"Tapi kan yang resmi kami terima dari DPD," kata Amali di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019.

Badan Saksi Nasional Partai Golkar Roadshow untuk Memenangkan Pilkada 2024

Lima syarat yang disebut Fadel diketahui hampir seluruhnya terkait keterlibatan senator dalam pembahasan dana transfer daerah, penguatan kelembagaan DPD hingga mengatur dana desa. 

Amali mengatakan, pihaknya hanya mengacu keputusan resmi dari DPD meski usulan itu juga datang dari Fadel yang diketahui merupakan eks pengurus Partai Golkar.

Bamsoet Sebut Kemungkinan Caketum Golkar Lebih dari 4 Orang pada Munas 2024

"Kami terima yang resmi saja," ujar Amali.

Berdasarkan surat yang beredar di kalangan wartawan, kelompok DPD secara resmi telah mengirim surat tertulis terkait dukungan kepada Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR dan Fadel Muhammad menjadi wakil ketua. 

Amali mengatakan, surat itu melengkapi dukungan seluruh fraksi yang jumlahnya sembilan, termasuk dukungan satu utusan DPD untuk mendukung Bambang Soesatyo. 

"Seluruh Fraksi MPR dan DPD RI kecuali Gerindra sepakat mendukung Bambang Soesatyo ketua MPR," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya