PDIP Bocorkan Bakal Calon Wali Kota Surabaya Pilihan Risma

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristyanto di Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo, Jawa Timur, pada Jumat, 18 Oktober 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristyanto menyebut bahwa Tri Rismaharini alias Risma sudah mendaftarkan penggantinya bakal calon wali kota Surabaya kepada pimpinan pusat PDIP di Jakarta. Sosok dimaksud memiliki keselarasan visi dan misi dengan Risma dalam membangun Kota Surabaya.

Kota Surabaya Juara Umum POTRADNAS IX 2023

Hasto menyampaikan itu ketika ditanya soal bakal calon wali kota Surabaya yang akan diusung partainya kala berkunjung ke kantor Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Timur di Surabaya, Jumat, 18 Oktober 2019.

Pimpinan pusat PDIP, katanya, masih membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah kendati penjaringan di tingkat Dewan Pimpinan Cabang dan DPD sudah dilakukan. Pendaftaran di DPP dibuka sampai Oktober ini. "Bulan April (2020) pendaftaran di KPU," ujarnya.

Pidato Wajah dan Fisik di Gelora Bung Karno

Khusus Pemilihan Wali Kota Surabaya tahun 2020, Hasto mengatakan, partainya melakukan persiapan mendalam, juga pemetaan politik. Kota Surabaya membutuhkan pemimpin yang sepadan dengan Risma. Dia tidak ingin yang sudah maju di bawah kepemimpinan Risma nantinya justru mundur.

"Bukan pemimpin poco-poco, Ibu Risma maju kemudian yang menggantikan mundur, karena tidak memahami desain kemajuan kota Surabaya," kata Hasto.

Andri Arief Kritisi Luhut soal Pendukung Demokrat Minta Pemilu Ditunda

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, menurut Hasto, sangat mungkin akan mendengarkan masukan dari Risma terkait Pilkada Kota Surabaya. "Karena kedekatan Ibu Mega dan Ibu Risma sudah sangat lama. Ibu Mega juga menjadi bagian arsitek pembangunan Surabaya karena intensnya dialog antara Ibu Mega dan Ibu Risma," katanya.

PDIP telah membuka penjaringan calon Wali Kota Surabaya 2020 lewat DPC, DPD, maupun DPP. Sejauh ini sudah ada beberapa nama yang mendaftar di DPC, di antaranya, Wakil Wali Kota Surabaya Wishnu Sakti Buana, anggota DPRD Surabaya Dyah Katarina, dan beberapa nama lainnya.

Kelompok tari yang membawakan tarian untuk mendukung PDIP (13/6). Sumber : Hendra Simbolon

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Wacana Pertemuan antar Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri akan segera dilaksanakan.

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2023