Bail Out Century Tak Bisa Dipidana, Kecuali..

VIVAnews - Ketua Mahkamah Kontitusi (MK) Mahfud MD menegaskan bahwa pengambilan kebijakan murni tidak dapat dijatuhi pidana. Namun, jika pengambilan kebijakan itu menyalahgunakan kewenangan, hal ini lain cerita.

Pernyataan Mahfud ini menanggapi kasus dana talangan (bail out) ke Bank Century senilai Rp 6,7 triliun yang digelontorkan 2008. "

Mahfud menjelaskan pengambilan keputusan itu merupakan suatu pilihan. "Tergantung anda mana yang lebih baik," kata Mahfud di MK, Senin 25 Januari 2010. Namun, jika ternyata kebijakan itu  mengandung kriminal seperti korupsi, kolusi, menguntungkan pihak tertentu, "Ini bisa dipidanakan. Termasuk kasus bail out Bank Century."

Hal inilah yang mendasari perbedaan pendapat Mahfud dengan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufik Kiemas yang sebelumnya mengatakan sebaiknya tidak ada impeachment atau pemakzulan.

"Bolehlah. Itu politik, terserah," kata Mahfud yang juga mantan politisi PKB ini. Namun, dalam hukum, apabila memang harus ada pemakzulan--sesuai keputusan DPR--MK akan memprosesnya. "Tegas dan transparan baik terhadap DPR maupun presiden," ujarnya.

MK, kata dia, siap apabila ada rencana pemakzulan dikemudian hari. "Sudah punya perangkat lengkap baik hakim maupun aturannya," kata dia.
 
Saat ini kasus Bank Century sedang diusut DPR melalui Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Bank Century. Menurut rencana, Pansus akan mengeluarkan hasil sementara pemeriksaan semua saksi yang sudah dihadirkan, sore ini.

"Kemarin tim ahli (Pansus) sudah melakukan rapat pemetaan permasalahan melihat lagi keterangan saksi yang telah didatangkan," kata Ketua Pansus Century Idrus Marham saat dihubungi. Idrus belum bisa memastikan bahwa hasil sementara itu dapat diungkap ke publik.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024