12 Calon Menteri yang Sudah ke Istana, Ada Prabowo dan Satu Gagal

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto datangi Istana
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo secara marathon memanggil sebelas sosok calon menteri, sepanjang Senin 21 Oktober 2019. Satu di antaranya wanita. Namun disebut ia kemungkinan gagal jadi menteri.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Sosok pertama yang terlihat memakai baju putih adalah pakar hukum tata negara Mahfud MD. Pria kelahiran 13 Mei 1957 ini tampak semringah dan melambaikan tangan kepada para jurnalis. Ia mengaku baru tahu pemanggilannya tengah malam sebelum salat tahajud. Pesan melalui WhatsApp memintanya menemui Presiden Jokowi di Senin pagi.

"Saya buka ada pesan dari ini oleh protokoler Istana. Saya ditunggu oleh presiden jam 10 gitu aja. Dan saya tadi ketemu sendiri dengan presiden," ujarnya. Soal pelantikan, ia dikabari akan digelar Rabu pagi 23 Oktober 2019.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Menyusul Mahfud ke Istana adalah satu-satunya sosok wanita, Christiany Eugenia Tetty Paruntu. Saat ini Tetty masih menjabat sebagai bupati Minahasa Selatan. Namun kolega separtainya dari Golkar, Airlangga Hartarto, menyatakan, kemungkinan Tetty tidak akan jadi menteri. Pernyataan Airlangga diperkuat Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin.

Menurut Bey, Tetty tak sempat bertemu Jokowi. Namun, ia menemui Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Tak lama bertemu Airlangga, perempuan 52 tahun itu meninggalkan Istana lewat samping.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Selanjutnya yang dipanggil Jokowi adalah Nadiem Makarim. Bos Gojek berusia 35 tahun ini diminta menjadi salah satu menteri. Nadiem yang langsung mundur dari posisinya sebagai CEO mengaku siap menjadi menteri. Namun ia menolak menyrbut posisi yang ditawarkan.

Sosok lain yang dipanggil Jokowi seorang praktisi media, Wishnutama.  Wishnu pun bersedia jadi menteri dan akan melepas posisinya sebagai pimpinan stasiun televisi NET dan media online Kumparan.

Terlihat pula pengusaha yang juga mantan ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir. Erick pun tidak keberatan menjadi pembantu presiden.

Sosok lainnya, Fadjroel Rachman, Airlangga Hartarto, Tito Karnavian, Edhy Prabowo, Pratikno, dan Nico Harjanto.

Dan yang paling menghebohkan adalah kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga lawan Jokowi dalam Pilpres 2019 lalu, Prabowo Subianto. Prabowo menyita banyak perhatian karena namanya memang sejak beberapa hari terakhir santer disebut bakal merapat ke kabinet Jokowi. Ia disebut akan mengisi posisi Menteri Pertahanan.

Siapa sosok calon menteri yang akan dipanggil Jokowi, Selasa 22 Oktober 2019? Kita tunggu saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya