Punya Kakak Politikus PDIP, Jaksa Agung Burhanuddin: Kita Profesional

Jaksa Agung ST Burhanuddin usai dilantik di Istana Negara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Presiden Joko Widodo menunjuk ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung masuk Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Jokowi sudah melantik Burhanuddin di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Oktober pagi tadi.

Ini Sosok Kajati dan Wakajati DKI Jakarta Baru yang Ditunjuk Jaksa Agung

Burhanuddin diketahui adalah adik kandung dari politisi PDIP, TB Hasanudin. TB Hasanudin dikenal sebagai salah satu fungsionaris di DPP PDIP.

Meski begitu, Burhanuddin tidak mempermasalahkan soal hubungannya dengan sang kakak yang berada dalam lingkaran partai. Ia pun memastikan akan tetap profesional meskipun keluarganya berafiliasi dengan parpol.

Dugaan Korupsi di LPEI Rp 2,5 Triliun Baru Tahap Pertama, Jaksa Agung: Ada Tahap Kedua

"Ya, kita profesional ya. Jika di dalam rumah aja suami istri suka berbeda, apalagi saya bukan orang partai. Bagi saya tidak ada masalah, kita profesional," ujar Burhanuddin di Kejagung RI, Jakarta Selatan, Rabu, 23 Oktober 2019.

Ia pun menceritakan bagaimana detik-detik  ditunjuk Jokowi sebagai Jaksa Agung. Ia mengaku baru dihubungi pihak Istana pada Selasa, 22 Oktober malam.

Sri Mulyani Laporkan Kredit Bermasalah di LPEI ke Jaksa Agung, Indikasi Fraud Rp 2,5 T

Memang nama Burhanuddin sempat mengejutkan lantaran wajahnya tak terlihat saat Jokowi memanggil para calon menteri mulai Senin, 21 Oktober sampai Selasa, 22 Oktober 2019.

"Saya setengah 7 kemarin baru dikasih tahu. Makanya wajah saya tidak muncul. Saya kan orang intel," ujarnya sambil tertawa.

Diketahui, ST Burhanuddin adalah mantan Jaksa Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara atau Jamdatum. Dia dipercaya Jaksa Agung Basrief Arief yang menjabat sejak 2010 hingga 2014.

Sebelum menjadi Jamdatun, ST Burhanuddin mengemban tugas sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan. Ia pun pensiun jadi Jaksa pada tahun 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya