Setelah Berkarya, PKS Akan Temui SBY

Presiden PKS Sohibul Iman pada pertemuan halal bi halal sekaligus tasyakuran.
Sumber :
  • Reza Fajri

VIVA - Pertemuan Partai Keadilan Sejahtera dengan sejumlah partai dipastikan akan berlanjut. Setelah hari ini, Partai Berkarya mendatangi kantor DPP PKS, dalam waktu dekat Partai Demokrat juga bakal ditemui PKS.

Sarankan PDIP-PKS Oposisi, Guru Besar Unand: Dengan Itu, Demokrasi akan Sehat

"Bahwa kita setelah ini akan berkomunikasi dengan partai-partai lain seperti PAN dan Demokrat," kata Presiden PKS Sohibul Iman usai bertemu dengan jajaran pengurus Berkarya, di Jakarta, Selasa 19 November 2019.

Sohibul menyampaikan sinyal pertemuan sudah ditunjukkan oleh Demokrat. Kader muda Demokrat disebut sudah membangun komunikasi dengan kader muda partainya mengenai waktu pertemuan. Sohibul pun memastikan, pertemuan tinggal menunggu waktu yang tepat.

Caleg PKS Ngadu ke MK, Suara Diambil Rekan Satu Partai

"Dari pihak sana menanyakan teman-teman PKS kapan berkunjung ke Pak SBY," kata Sohibul.

Sohibul mengatakan bahwa idealnya dalam alam demokrasi perlu ada fungsi check and balances mengawasi jalannya pemerintahan. Demokrat yang belum menentukan sikap dimungkinkan akan diajak satu barisan.

Wali Kota Depok Berpeluang Diusung di Pilgub Jabar, PKS Ungkap Hal Ini

"Kapan saja Pak SBY siap dikunjungi, kami akan datang ke situ," ujarnya.

Terkait dengan pertemuan dengan Partai Berkarya, PKS menilai partai pimpinan Tommy Soeharto itu bakal menjadi teman yang baik untuk mengawasi pemerintahan lima tahun ke depan. Meski tak punya kursi di parlemen nasional, Berkarya diyakini memiliki peran signifikan.

"Tentu Berkarya juga memiliki hak bersuara, menjadi kelompok penekan untuk menguatkan pihak yang di luar pemerintahan tetapi tidak berada di parlemen," kata Sohibul.

Pertemuan PKS dan Berkarya diikuti penyampaian nota kesepahaman politik bersama yang dihadiri dua petinggi partai tersebut. Sohibul pun bilang, usai petinggi Berkarya datang ke kantor PKS Jalan TB Simatupang, pihaknya juga akan melakukan balasan kunjungan.

Tidak hanya kelompok penekan mengkritisi pemerintah, diharapkan Berkarya membangun opini yang sifatnya konstruktif. "Tentu dari sisi opini pembentukan opini, dan juga pressure kepada pemerintah, itu juga sangat bermanfaat," kata dia.

Sementara itu, soal kerja sama konkret antardua partai, Sohibul menyampaikan bahwa ke depan yang paling dekat adalah tentang kesiapan menuju pilkada serentak tahun depan. Dengan 160 anggota DPRD tingkat I dan II yang dimiliki Berkarya, bukan tidak mungkin koalisi akan terbentuk di daerah.

"Ini jumlah yang sangat signifikan," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya