Rieke: 100 Hari Menkes Disclaimer

VIVAnews - Menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu II terus mendapat penilaian dari berbagai kalangan menjelang 100 hari pemerintahan SBY-Boediono. Kali ini giliran Menteri Kesehatan, Endang Rahayu, yang menerima rapor dari anggota Komisi IX DPR, Rieke Diah Pitaloka.

Rieke menceritakan, dalam presentasi Menkes pada Rapat Kerja dengan Komisi IX, Menkes menyampaikan bahwa dari 12 rencana aksi Kementerian Kesehatan, hampir seluruhnya telah tercapai. Menurut Rieke, pernyataan Menkes tersebut tidak sesuai dengan realitas yang ada di masyarakat.

"Parameter sukses program 100 hari Menkes tidak jelas," kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu. "Pelayanan kesehatan, persoalan obat, tenaga medis, dan keamanan di lembaga kesehatan masih carut marut dan tidak solutif. Saya nilai kinerja 100 hari Menkes unqualified, disclaimer," ujar Rieke, Rabu 27 Januari 2010.

Oleh karena itu, Rieke menekankan, Menkes harus segera membenahi koordinasi antara pusat dan daerah. Kementerian Kesehatan juga dinilai tidak boleh menjadi operator asuransi kesehatan, melainkan harus fokus sebagai regulator dan mengoptimalkan penyediaan infrastruktur kesehatan.

"Keberhasilan Menkes tidak bisa sekadar dilihat dari seremonial pemberian kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas)," ujar Rieke. Kementerian Kesehatan juga harus memiliki basis data masyarakat miskin berdasarkan kriteria BPS, dan terlibat aktif dalam penyelesaian tunggakan Jamkesmas kepada RSUD.

Menkes juga didesak untuk segera melakukan sensus tenaga kesehatan. Yang tak kalah pentingnya, kata Rieke, Menkes juga harus membangun kemandirian dalam bidang kefarmasian dan ketersediaan obat, dan mengalokasikan anggaran memadai untuk mendorong berbagai riset industri obat dalam negeri.

"Pemerintah juga harus segera membuat satgas mafia kesehatan untuk memberantas kejahatan di dunia medis," ujar Rieke. Satgas ini, ujarnya, sangat penting untuk menangani kasus penculikan bayi di rumah sakit dan puskesmas yang semakin merebak, penolakan pasien miskin oleh berbagai rumah sakit, jual beli organ manusia, dan dugaan adanya makelar proyek kesehatan.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main
Liverpool vs Everton

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Liverpool akan menyambangi markas Everton dalam lanjutan Premier League di Stadion Goodison Park pada Kamis dini hari nanti, 25 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024