Isu Dinasti Politik Dinilai Bisa Jegal Langkah Gibran

Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, berorasi di hadapan para pendukungnya usai mendaftar sebagai bakal calon wali kota Solo di kantor PDIP Jawa Tengah, Semarang, Kamis, 12 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Dwi Royanto

VIVA - Direktur Utama Lembaga Survei Median, Rico Marbun, menyebut isu dinasti politik bisa jadi batu sandungan bagi putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dalam pemilihan Wali Kota Solo pada Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

Isu dinasti politik dinilai bisa jadi isu sentral di Solo. Keterbelahan warga Solo dirasa berpotensi menggerogoti perolehan suara Gibran. Alhasil, elektabilitas Gibran pun terancam.

"Kalau sekiranya dinasti politik membesar bahkan menemukan momentumnya, itu akan mengancam elektabilitas Gibran," katanya di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 19 Desember 2019.

Hipmi Sebut Capaian Ekonomi Kuartal I Jadi Modal Baik Hadapi Tantangan Global

Rico berkata demikian bukan tanpa alasan. Sebabnya, isu dinasti politik sudah menciptakan resistensi publik Solo pada Gibran. Dia menyebut berdasar survei yang dilakukan pihaknya tercatat ada sepuluh alasan warga Solo tidak memilih Gibran.

Semisal 23,4 persen karena menilai Gibran terlalu muda, 18,9 persen menilai ada nepotisme, 18,9 persen belum berpengalaman, 9,1 persen kurang demokratis, dan 5,7 persen menilai adanya dinasti politik. Namun, bukan berarti Gibran tak punya kesempatan.

Wapres Ma’ruf Amin Berharap Kabinet Prabowo-Gibran Diisi Kalangan Profesional

Gibran, lanjut Rico, harus mengkapitalisasi citra-citra seperti merakyat dan kerja keras yang disukai publik dari calon lain yaitu Achmad Purnomo yang merupakan petahana alias Wakil Wali Kota Solo.

"Kalau isu ini bisa menyusut, dikendalikan, (mengangkat isu) memang dia pantas untuk jadi pemimpin, dan lain-lain dikembangkan timses Gibran, mungkin saura Achmad Purnomo bisa dikalahkan dalam sembilan bulan. Kalau Gibran mau menang, dia harus mengadopsi persepsi publik terhadap Purnomo," kata dia lagi.

Untuk diketahui, survei yang dilakukan Median dilakukan pada 3 sampai 9 Desember 2019. Median menggelar survei terhadap 800 responden yang merupakan warga Solo pemilik hak pilih. Survei menggunakan multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya