Sejumlah Kader PKS Jatim Eksodus ke Partai Gelora

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Gelora Jatim, M. Sirot.
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) mulai membangun struktur di daerah-daerah. Provinsi Jawa Timur yang pertama digarap. Kepengurusan di 38 kabupaten/kota dibentuk dan mulai pemberkasan di Kota Surabaya pada Minggu, 5 Januari 2020. Ada beberapa pengurus pindahan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Gelora Jatim dijabat oleh mantan anggota DPRD Jatim dan eks Sekretaris PKS Jatim, M Sirot. Hari ini kami pemberkasan struktur dari pengurus kabupaten/kota. 

"Jawa Timur jadi yang pertama menyelesaikan kepengurusan dibandingkan provinsi lain," katanya di lokasi pemberkasan kepengurusan DPD Gelora se Jatim. 

Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya

Dia menjelaskan, Jatim adalah provinsi pertama yang menyelesaikan kepengurusan Gelora tingkat cabang dibandingkan provinsi lain. Hasil pemberkasan nantinya diserahkan ke Dewan Pimpinan Nasional untuk diteruskan ke Kementerian Hukum dan HAM. "Selanjutnya kami akan laksanakan musyawarah wilayah," ujar Sirot.

Dia menjelaskan, berbeda dengan PKS, azaz partai besutan mantan Presiden PKS Anis Matta dan Fahri Hamzah itu berazazkan Pancasila. Adapun Islam adalah jati diri dari Gelora. 

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

Karena itu, lanjut dia, Gelora terbuka. Sirot pun menyebut merupakan partai nasionalis yang juga Islamis. "Partai ini inklusif, partai tengah, dan ingin berkolaborasi dengan masyarakat," ucapnya. 

Sirot mengakui ada banyak kader PKS Jatim yang pindah ke Gelora. Selain dirinya, ada pula Hamy Wahjunianto yang sebelumnya menjabat Ketua DPW PKS Jatim. Ia kini masuk dalam struktur DPN Partai Gelora. Ada juga Misbakhul Munir dari PKS yang kini menjadi Sekretaris Gelora Jatim. Di luar itu, ia mengatakan partainya juga membidik generasi milenial Jatim. 

"Anda lihat sendiri, warna dan desain jaket Gelora sendiri itu warna yang disukai milenial," kata Sirot.  

Setelah menyelesaikan administrasi kepengurusan di 38 Kabupaten/kota, Sirot mengatakan partainya akan menguatkan konsolidasi di tingkat kader sebagai persiapan ikut berkiprah di kancah politik Jatim. Pemilihan Kepala Daerah serentak akan dijadikan medan pemanasan mesin partai. 

"Kami pastikan Partai Gelora ambil peran di pilkada nanti," ujarnya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya