Tinggalin Amien Rais di Kongres, Kader PAN Dinilai Bisa Kualat

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Figur Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais punya peran penting di konggres mendatang. Sebagai pendiri partai, Amien punya kapasitas menentukan kader caketum yang bisa memenangkan kongres.

Zulhas: Prabowo Dicintai Rakyat karena Ingin Melayani yang Kelaparan Lewat Makan Siang Gratis

Pengamat Politik Emrus Sihombing menganalisis dengan pengaruhnya yang kuat, mungkin hampir tak ada kader PAN yang membantah pernyataan Amien. Hal ini termasuk Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang juga tak bisa membantah Amien.

"Saya melihat kemungkinan besar siapapun yang didukung Amien Rais pasti menang," kata Emrus di Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.

Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami

Dia menjelaskan pengaruh Amien sudah terbukti dalam setiap kongres PAN. Kemenangan Hatta Rajasa atas Sutrisno Bachir di Kongres PAN 2010 menjadi salah satu contohnya. Begitupun kemenangan tipis Zulkifli Hasan atas Hatta Rajasa di Kongres 2015 jadi bukti lain.

"Di mana Amien berpihak, di sana kemenangan ada kandidat yang didukungnya. Termasuk momen kemenangan Zulkifli Hasan pada 2015," jelas Emrus.

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Kemudian, ia menekankan internal PAN termasuk kader akar rumput juga masih punya keyakinan kuat dan percaya terhadap Amien. Bahkan, ia mengibaratkan jika ada kader yang berani melawan atau meninggalkan Amien bisa kualat.

"Bagi kader yang meninggalkan Amien Rais, secara otomatis saya berkeyakinan kalau bahasa kasarnya kader tersebut bakal kualat," katanya. 

Hal senada disampaikan pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin. Bagi dia, figur Amin identik dengan PAN dan tak bisa dielepaskan.

"Ingat waktu pemilihan ketum PAN lima tahun lalu. Terjadi pertarungan antara Zulhas dengan Hatta Radjasa. Dan yang menang Zulhas karena di-backup Amien Rais. Suara dan perintah Amien Rais masih diikuti oleh para kader PAN," kata Ujang.

Dinamika jelang kongres PAN menghangat karena bermunculan sejumlah nama politikus senior untuk bersaing memperebutkan kursi ketum. Selain Zulkifli Hasan selaku caketum petahana, ada Mulfachri Harahap, Hanafi Rais, sampai Drajad Wibowo.

Dari peta politik itu, nama Mulfachri disebut mendapat dukungan dari Amien Rais.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya