Zulkifli Hasan Terpilih Lagi, PAN Mulai Lepas dari Amien Rais

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dan Ketum PAN Zulkifli Hasan (tengah) di Kongres V PAN di Surabaya
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVAnews - Zulkifli Hasan resmi terpilih sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional untuk periode 2020-2025 dalam Kongres V PAN yang digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara 10-12 Februari 2020. Zulkifli bersaing dengan dua calon lainnya yakni Drajad Wibowo dan Mulfachri Harahap yang menggandeng anak Amien Rais, Hanafi Rais.

KPU Tangerang Sebut Proses Pendaftaran Pemilukada 2024 Dibuka Mei

Politikus PAN, Bara Hasibuan, mengatakan dengan terpilihnya Zulkifli membuktikan bahwa PAN bisa lepas dari ketergantungan kepada pendirinya Amien Rais. Sebab, Amien mendukung Mulfachri namun ternyata pada akhirnya tetap Zulkifli yang keluar sebagai pemenang.

"Mulai dari sekarang kita betul-betul terlepas dari ketergantungan satu orang. Jadi PAN bisa jadi suatu partai politik yang modern di mana pemimpin utamanya itu satu yaitu ketua umum. Tidak terbelenggu oleh satu sosok yang begitu mendominasi selama ini sehingga menjadi dual kepemimpinan," kata Bara kepada wartawan, Rabu 12 Februari 2020.

Yakin Sudah Dipikirkan Prabowo, PAN Tak Khawatir jika Ada Partai Lain Gabung Koalisi

Bara mengatakan saat ini para kader PAN sudah mampu untuk bersikap independen dan tidak bergantung kepada Amien Rais. Bara menilai ketergantungan kepada Amien Rais saat ini hanya akan menghambat kemajuan partai.

"Di situ konsekuensinya kalau memang ia terpilih lagi maka ia bersikap independen dari Pak Amien. Itu memang dibutuhkan mendesak PAN. Bagaimana kita lepas dari ketergantungan, hegemoni satu orang yang memang selama ini membuat PAN tidak bisa berkembang," kata Bara.

Prabowo Bakal Ketemu Cak Imin Pasca Penetapan KPU, PAN Bilang Begini

Bara optimis Zulkifli akan menjadi ketua umum yang berdiri di atas semua golongan. Zulkifli, kata dia, akan membawa PAN ke arah yang lebih baik.

"Tentu saja dalam pidato kemenangan Pak Zulhas mengatakan bahwa dia akan merangkul semua pihak. Bahwa dia akan menjadi pemimpin PAN semuanya," ujarnya.

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Mantan Sespri Sekjen Kementerian Pertanian, Merdian Tri Hadi menyebut terdakwa Kasdi Subagyo sempat berkomunikasi dengan seseorang melalui video call.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024