AHY Terpilih Jadi Ketua Umum Partai Demokrat Secara Aklamasi

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saiful Bahri

VIVAnews - Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025. AHY terpilih sebagai ketua umum Partai Demokrat dalam Kongres V Partai Demokrat yang dilangsungkan di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Minggu, 15 Maret 2020.

Andi Arief Dikabarkan Sakit di Singapura, Butuh Donor Hati

Dalan proses pemilihan, AHY adalah satu-satunya calon ketua umum yang mendaftarkan diri di Partai Demokrat. Karena itulah, AHY terpilih secara aklamasi dan memperoleh dukungan lebih dari 70 persen Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat.

"Setelah kami melakukan verifikasi administrasi calon ketua umum dan dikatakan memenuhi persyaratan, maka berdasarkan Pasal 25 ayat 6 dan ayat 7 peraturan tata tertib kongres telah ditetapkan secara aklamasi bapak Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Ketua Umum Partai Demokrat 2020-2025," kata Evert Ernest Mangindaan selaku pimpinan sidang Kongres Partai Demokrat di lokasi, Minggu siang.

Pakar Ragukan Ide Presidential Club Prabowo: Ada Tembok Tebal yang Susah Diterabas

Mangindaan lalu meminta persetujuan kepada para peserta kongres untuk memutuskan AHY terpilih secara aklamasi. "Apakah dapat disetujui?" tanya Mangindaan kepada para peserta sidang Kongres V Partai Demokrat.

Para peserta yang ada di ruang sidang menunjukkan respons positif dan tak ada penolakan terkait hal tersebut. "Ya!" teriak para peserta yang hadir

Gibran Sebut "Presidential Club" untuk Wadahi Masukan dari Sesepuh dan Mantan Pemimpin

Setelah terpilih secara aklamasi, AHY pun terlihat langsung menemui sang ayah yang juga Ketua Umum Partai Demokrat periode sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Terlihat AHY memberikan salam hormat dan juga memeluk SBY.

Kongres Partai Demokrat ini digelar hanya satu hari pada, Minggu, 15 Maret 2020, saja. Penyelenggaraan kongres dipercepat dari yang semula dijadwalkan pada bulan Mei, dan waktunya juga dipersingkat dari yang sebelumnya tiga hari menjadi hanya satu hari. Hal itu karena imbas dari penyebaran virus corona yang cukup mengkhawatirkan.

Ketua DPD Demokrat Sumut, Muhammad Lokot Nasution.(B.S.Putra/VIVA)

11 Orang Daftar ke Demokrat untuk Pilgub Sumut, Ada Nama Menantu Jokowi

DPD Partai Demokrat Sumatera Utara mencatat ada 11 orang mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, yang akan bertarung di Pemiliha

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024