PDIP Solo Tolak Purnomo Mundur Lawan Gibran di Pilkada 2020

Gibran bersama dua calon wali kota Solo berpose usai uji kelayakan di Kantor DPP
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo menolak surat pengunduran diri Achmad Purnomo sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Adanya penolakan tersebut menyebabkan Gibran Rakabuming Raka tetap bakal bersaing dengan Purnomo untuk memperoleh rekomendasi DPP PDIP sebagai calon wali kota dalam Pilkada Solo 2020.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDIP Solo, Putut Gunawan mengatakan, pihaknya menggelar rapat konsolidasi dan koordinasi dengan Pengurus Anak Cabang dan Dewan Pimpinan Cabang PDIP Solo pada 6 Juni 2020. Dalam konsolidasi itu DPC PDIP Solo tetap mengusung Achmad Purnomo - Teguh Prakosa sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

"Dalam rapat konsolidasi itu memutuskan menolak pengunduran diri dari Bapak Dr H Achmad Purnomo sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta (Solo)," kata dia di kantor DPC PDIP Solo, Minggu, 7 Juni 2020.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Setelah pemerintah menetapkan jadwal penyelenggaraan Pilkada 2020 pada Desember 2020 nanti, pihaknya juga akan menggerakkan mesin partai sampai menunggu DPP PDIP mengeluarkan rekomendasi terkait siapa yang bakal maju sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilkada Solo.

"Kami tetap setia dan menunggu rekomendasi DPP PDIP terkait bakal cawali dan cawawali yang diusung DPC PDIP Solo," ucapnya.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Namun dalam rapat tersebut, Achmad Purnomo yang merupakan Wakil Wali Kota Solo saat ini tidak diundang. Meski demikian, ia tetap diperintahkan untuk mengikuti instruksi partai.

"Kalau surat pengunduruan dirinya disampaikan ke DPC PDIP, jadi kami tidak perlu melaporkanya ke pusat. Kami yang akan menyampaikan hasil konsolidasi itu," ucapnya.

Seperti diketahui Purnomo telah memutuskan untuk mundur sebagai bakal calon wali kota Solo yang diusung DPC PDIP Solo. Keputusan itu dilandasi lantaran pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini.

"Saya itu enggak tega kepada masyarakat karena sedang ada pandemi seperti ini," kata Purnomo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya