Indonesia Perlu Belajar dari Korsel Gelar Pemilu di Tengah Wabah Covid

Mendagri Tito Karnavian (kiri) dan Dubes Korsel Chang Beom Kim (kanan) usai menggelar pertemuan di Jakarta Senin 8 Juni 2020.
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri RI

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengaku terkesan dengan suksesnya Korea Selatan menggelar Pemilihan Umum parlemen pada April lalu saat masih menghadapi pandemi virus corona (Covid-19). Untuk itu Tito menilai Indonesia perlu belajar dari pengalaman Korsel yang tetap menyelenggarakan Pemilu di tengah pandemi Covid-19.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Demikian menurut Tito saat bertemu dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Chang Beom Kim, di Jakarta Senin siang 8 Juni 2020. Chang, yang akan mengakhiri tugasnya di Indonesia, dalam pertemuan dengan Tito berbagi pengalaman Korsel dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tetap menyelenggarakan hajatan politik Pemilu pada 15 April 2020.

Dalam pertemuan dengan Dubes Chang, Mendagri Tito mengatakan bahwa Indonesia meminta masukan kepada Korsel untuk menyelenggarakan Pilkada Serentak di Tanah Air pada 9 Desember mendatang. Menurut Tito, Korsel bisa menjadi acuan yang baik lantaran negara itu berhasil selenggarakan Pilkada legislatif di tengah pandemi Covid-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Dan, hebatnya, tidak ada satu orang pun yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada saat hari pelaksanaan Pemilu Legislatif [di Korsel] itu," ujarnya.

Maka, mantan Kepala Kepolisian RI itu berharap Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu RI mau belajar dari Korsel demi menyiapkan Pilkada serentak akhir tahun nanti. "Apalagi di situasi pandemi seperti saat ini, yang mengharuskan semua pihak patuh pada protokol kesehatan," lanjut Mendagri.  

Sekjen PDIP Koreksi Otto Hasibuan soal Permohonan Megawati sebagai Amicus Curiae di MK

Laporan: Ray Farandy/Danny Martin (tvOne Jakarta)

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di kantor DPP Demokrat.

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebutkan sejumlah syarat bakal calon menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024