MA Kabulkan Gugatan Rachmawati Terkait Pilpres Sebagian

Rachmawati Soekarnoputri.
Rachmawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nuvola Gloria

VIVA - Mahkamah Agung mengabulkan gugatan Rachmawati Soekarnoputri dan kawan-kawan dalam perkara melawan Komisi Pemilihan Umum terkait Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019 pasal 3 ayat 7. Pasal tersebut menyatakan apabila terdapat dua pasangan calon dalam pemilu presiden dan wakil presiden, KPU menetapkan paslon yang memperoleh suara terbanyak sebagai paslon terpilih.

"Kabul permohonan hukum sebagian," tulis MA dalam putusannya, dikutip VIVA dari website resmi Mahkamah Agung, Selasa, 7 Juli 2020.

Baca juga: Tak Mau Sama dengan Megawati, Rachmawati Jamu Prabowo Nasi Liwet

Putusan tersebut bernomor 44 P/HUM/2019. Kemudian dalam tingkat proses Peninjauan Kembali (PK). Sedangkan tanggal register pada 14 Mei 2019.

Sementara, Hakim Ketua adalah Supandi, dan Hakim Anggota antara lain Irfan Fachruddin, Is Sudaryono. MA menyebutkan bahwa tanggal musyawarah dan dibacakan pada 28 Oktober 2019.

"Status berkekuatan hukum tetap," tulis MA lagi.

Pada 13 Mei 2019, Rachmawati yang tercatat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra dan juga Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengajukan gugatan uji materi terhadap Pasal 3 Ayat 7 PKPU Nomor 5 Tahun 2019 ke Mahkamah Agung. Rachmawati menilai pasal tersebut cacat hukum.