Gerindra Usung Mantan Wamenkumham Denny Indrayana di Pilkada Kalsel

Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Jelang Pilkada Serentak 2020, sejumlah partai politik mulai menentukan kandidat calon untuk maju. Salah satunya untuk Pilkada Kalimantan Selatan. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memilih untuk mengusung Denny Indrayana untuk bertarung di sana pada Desember 2020 mendatang.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Denny di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sempat menjadi staf khusus. Lalu di periode kedua SBY, ia dipercaya menjadi Wakil Menteri Hukum dan HAM. Pada Pilpres 2019 lalu, Denny sempat manjadi salah satu tim kuasa hukum pasangan Prabowo-Sandiaga, saat gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dipilihnya Denny, bagi Gerindra karena diyakini dapat membawa perubahan di wilayah yang kaya tambang tersebut.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

"Karena kami yakini Pak Denny Indrayana mampu menarik dukungan dari publik, dengan situasi pandemi saat ini kita perlu perubahan, kita perlu pemimpin baru untuk Kalsel," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, ketika dihubungi, Minggu 2 Agustus 2020.

Baca juga: Ambulans Tabrak Tronton, Sopir Tewas di Tempat

Temui Prabowo, Waketum Nasdem Sebut Tak Ada Pembicaraan Politik

Denny selain dikenal sebagai pengacara, saat ini juga masih menjadi pengajar hukum di UGM. Ia juga dikenal sebagai aktivis anti korupsi. Gerindra memiliki keyakinan Denny dapat memenangkan kompetisi.

"Kami punya modal kan, partai kami cukup besar, pendukung kami cukup solid, pengurus kami militan," ujar Wakil Ketua DPR itu.

Selain Gerindra, sebelumnya Partai Demokrat lebih dulu menyatakan sikap untuk mengusung Denny di Kalimantan Selatan. Namun partai yang juga dipimpin SBY itu masih mencari koalisi. Kemungkinan besar, jika memenuhi syarat, Denny bakal bertarung dengan petahana, Gubernur Sahbirin Noor. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya