Dituduh Ruhut Biang Kerok Heboh Gaji DPR, Akbar Faizal Merespons

Politikus Nasdem Akbar Faizal
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) jadi sorotan setelah pengakuan salah seorang anggotanya, Krisdayanti alias KD soal nominal gaji wakil rakyat yang mencuat memantik kehebohan. Politikus PDIP Ruhut Sitompul menyebut biang kerok isu hebohnya gaji DPR itu adalah eks Anggota DPR dari Nasdem, Akbar Faizal.

6 Caleg Artis Dapat Perolehan Suara Tinggi, Ada Ahmad Dhani hingga Komeng Posisi 3 Besar

Terkait itu, Akbar merespons bahwa ia tak menyangka perdebatan soal gaji ini menjadi riuh. Namun, dia bilang mesti mengapresiasi karena KD berani tampil untuk diwawancara di konten YouTube-nya, Akbar Faizal Uncensored.

Akbar menyampaikan dirinya sudah coba mengundang anggota DPR lainnya terutama dari unsur pimpinan agar bersedia tampil di YouTube-nya. Namun, mereka tidak mau. Ia pun menyayangkan hal itu karena anggota DPR sebagai pejabat negara mesti terbuka.

Ada yang Ragukan PDIP jadi Oposisi, Ruhut: Itu Orang Hidup seperti Katak dalam Tempurung

"Ini harus dihindari. Tidak kah sekarang ini publik ini sudah terbuka ke mana-mana. Anggota DPR, pejabat ya. Seharusnya harus sering muncul. Dalam hal ini, saya mengapresiasi kepada KD. Bahwa anak ini, kawan ini mau belajar," kata Akbar dalam acara Dua Sisi tvOne yang dikutip VIVA pada Jumat, 17 September 2021.

Dia pun heran DPR terbelah menyikapi pengakuan KD terkait gaji wakil rakyat di Senayan. Menurutnya, terbelahnya itu ada yang kecewa dan juga yang memahami. "Saya agak bingung saja. Kenapa harus jadi problem ya?" tutur politikus Nasdem itu.

Kandang Banteng Jateng-Bali Dijebol 02, Ruhut: PDIP Tumbang Tidak Betul

Akbar melanjutkan selama dua periode menjadi Anggota DPR, ia mengklaim selalu terbuka ke ruang publik. Ia juga mengklaim sebagai satu-satunya anggota DPR yang membuat laporan pertanggungjawaban kinerja. 

"Saya laporkan setiap tahun. Apa yang saya bikin di wilayah legislasi, apa yang saya lakukan di wilayah anggaran yang minim. Karena saya nggak mau di banggar," ujar Akbar.

Pun, ia heran pengakuan KD ini diarahkan sejumlah pihak dengan mengarahkannya terhadap sikap Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Menurut dia, hal ini terlalu jauh. "Terlalu jauh lah masalah MKD. Apa urusannya MKD?" tutur eks Anggota Komisi III DPR tersebut.

Sebelumnya, Ruhut menyebut Akbar sebagai biang kerok yang berujung hebohnya gaji DPR setelah pengakuan KD. Dalam konten YouTube Akbar, KD blak-blakan soal nominal gajinya sebagai wakil rakyat. Namun, DPR malah jadi cibiran publik termasuk netizen di media sosial.

Ruhut mengatakan Akbar biang kerok karena politikus Nasdem itu merupakan eks Anggota DPR. Menurutnya, aneh seorang Akbar bertanya ke KD terkait gaji anggota DPR .

"Jujur saja ya yang ramai kita perdebatkan ini, biang keroknya Akbar Faizal yang notabene juga dua periode bersama saya di DPR," kata Ruhut dalam acara Dua Sisi tvOne.

Dia menyindir Akbar seperti kura-kura dalam perahu atau pura-pura tidak tahu. Ia bilang tidak wajar kalau politikus Nasdem itu bertanya besaran gaji anggota DPR.

"Kalau pengamat yang melakukan itu ke Krisdayanti, wajar, mereka bukan di Senayan seperti kami. Tapi, dia juga alumni di sana," tutur politikus PDIP itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya