Sanksi Menanti Kader PDIP yang Cawe-cawe Deklarasi Capres 2024

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat Menerima Masyarakat Adat
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA – PDI Perjuangan menyiapkan sanksi bagi kadernya, yang ikut-ikutan mendeklarasi calon presiden 2024. Kader tersebut akan dikenai sanksi organisasi karena dianggap melanggar disiplin partai. Kader PDIP harus patuh terhadap organisasi partai. Maka tidak boleh ikut-ikutan deklarasi sebelum partai tersebut memutuskan siapa yang akan diusung.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

“Atas dasar hal tersebut, manakala ada anggota partai yang tidak memiliki disiplin, dan ikut-ikutan dalam deklarasi calon sebelum partai menetapkan, partai akan menegakkan disiplin tersebut dengan memberi sanksi organisasi,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam pernyataan resminya kepada media, Rabu 21 September 2021. 

Kata Hasto, partainya saat ini masih fokus membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19. Toh, kalau sudah berbicara mengenai politik, itu pun dalam ranah mengikuti seluruh tahapan pileg dan pilpres yang sudah ada. Dimana saat ini, tengah dibahas antara parlemen, pemerintah dan KPU sebagai penyelenggara. 

Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen

“Prinsipnya seluruh relawan pemenangan akan dibentuk pasca penetapan secara resmi pasangan calon dari partai. Saat ini lebih baik membantu rakyat menangani pandemi,” ujar politisi asal Yogyakarta tersebut. 

Lebih lanjut Hasto menjelaskan, tahapan pemilu yang sedang dibahas tetap mempertimbangkan pandemi. Terutama dampaknya terhadap tahapan-tahapan pemilu nantinya. Apalagi di tengah pandemi, tentu efisiensi anggaran juga diperlukan.

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

“Seluruh tahapan dirancang guna meningkatkan kualitas Pemilu, namun juga memerhatikan aspek perencanaan agar pemilu dirancang dengan biaya pemilu yang serendah-rendahnya, mengingat keterbatasan anggaran pemerintah saat ini yang sedang difokuskan pada upaya menangani pandemi,” sambung Hasto. 

Hasto juga kembali menegaskan, terkait calon presiden dan calon wakil presiden dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut, tetap mengacu pada hasil Kongres V di Bali beberapa waktu lalu. Yakni Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mendapat mandat untuk menentukan calon. 

“Atas dasar hal tersebut, terkait dengan pencalonan capres dan cawapres, semuanya agar bersabar. Fokus utama PDI Perjuangan terletak pada kualitas pemimpin untuk mampu memikul tanggung jawab yang begitu besar bagi masa depan lebih dari 270 juta rakyat Indonesia,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya