PKS Kritik Jokowi Lagi-lagi Pilih Luhut: Tak Percaya Menteri Lain

Menko Marves Luhut Pandjaitan soal PPKM dan COVID-19 Jawa-Bali
Sumber :
  • Zoom Meeting Kemenkomarves

VIVA – Anggota DPR RI Fraksi PKS, Bukhori Yusuf, menyoroti keputusan Presiden Joko Widodo yang menunjuk Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves)  Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Padahal saat ini Luhut juga tengah menjabat sebagai Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali. 

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

Sebelum itu, pada bulan Agustus, Luhut ditunjuk Presiden untuk jabatan lain, yakni Ketua Dewan Pengarah Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional. Bukhori menilai Presiden Jokowi memiliki pertimbangan pribadi soal alasan dipilihnya Luhut untuk mengemban sejumlah tugas lain di luar otoritasnya sebagai Menko Marves.

"Saya bisa pastikan, Presiden Jokowi pasti punya pertimbangan tersendiri ihwal alasan memilih LBP, yang lagi-lagi, ditunjuk untuk berbagai tugas dan kewenangan," kata Bukhori, Rabu 22 September 2021.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Anggota Komisi VIII DPR RI ini menduga Presiden Jokowi memiliki masalah kepercayaan (trust issue) dengan menteri lain di kabinet. Kesimpulan itu diambil Bukhori karena melihat keputusan Presiden yang acapkali mengandalkan LBP dalam pelbagai penugasan strategis. 

"Jika kita perhatikan, sepertinya Presiden Jokowi kurang percaya dengan menteri lain yang berasal dari partai pengusungnya sendiri," ujarnya.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Sebagai informasi, penunjukan LBP didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) No. 15 Tahun 2021 tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diteken Presiden Jokowi pada 8 September 2021.

Dalam tim ini, Luhut akan dibantu tiga wakil ketua, antara lain Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso.

Sementara, Ketua harian dijabat oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. Kemudian, ada 23 menteri dan kepala badan/lembaga yang turut menjadi anggota tim.

Baca juga: Luhut Pimpin Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Sandiaga Ketua Harian

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya