PKP Sebut Jokowi Setuju Jadwal Pemilu Tak Diubah Tetap April 2024

Pemilu/Ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Presiden Joko Widodo bertemu dengan jajaran pengurus Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu ini 22 September 2021. Soal jadwal Pemilu 2024 adalah salah satu topik yang dibicarakan.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Sekjen DPN PKP Said Salahudin menjelaskan, seperti mengenai jadwal Pemilu 2024, Presiden Jokowi sepakat dengan pihaknya bahwa tidak boleh mengubah jadwal pelaksanaannya.

"Salah satu yang kami bahas bersama Presiden pagi tadi adalah terkait agenda kehadiran Presiden pada acara pelatikan pengurus DPN PKP pada tanggal 24 September 2021 di Jakarta. Beliau sudah ‘confirmed’ untuk hadir. Di acara pelantikan nanti Ketua Umum kami akan pula menyampaikan Pidato Kebangsaan," kata Said dalam keterangannya, Rabu 22 September 2021.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Said bilang, partainya sudah bertemu dengan Presiden untuk kepengurusan baru sebanyak dua kali di bulan ini. Pihaknya mengaku sangat mengapresiasi perhatian Presiden Jokowi terhadap partai seperti PKP, yang merupakan non parlemen.

Ia juga mengatakan dalam pertemuan tersebut ada dua kesamaan pandang antara PKP dengan Presiden Jokowi. Pertama, Presiden sepakat dengan PKP bahwa untuk menjadi peserta Pemilu 2024 parpol non parlemen tidak perlu mengikuti verifikasi faktual.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

"Alias cukup lulus verifikasi administrasi," katanya.

Lebih lanjut, Said mengatakan sebagai partai pendukung pemerintah pihaknya merasa diperhatikan oleh Jokowi. Sebab, diantara kesibukan Jokowi yang begitu padat, Jokowi masih mau meluangkan waktu untuk berdiskusi.

"Apalagi beliau juga sudah menyatakan akan hadir di acara pelantikan pengurus DPN PKP pada Jumat mendatang. Artinya, pertemuan di acara pelantikan nanti akan menjadi pertemuan ketiga kami bersama Presiden di bulan September. Ini sebuah kehormatan bagi PKP," jelas Said.

Mengenai jadwal Pemilu 2024, pihaknya juga membicarakan itu dengan Presiden. Dimana saat ini masih dibahas oleh DPR dengan pemerintah.

"Presiden sepakat dengan PKP agar pemilu tetap diselenggarakan di bulan April 2024. Presiden akan memanggil Mendagri (Tito Karnavian) untuk membicarakan mengenai hal tersebut," tutur Said.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya