Kinerja Airlangga Moncer, Pengamat: Bekerja untuk Timbulkan Citra

Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto.
Sumber :

VIVA – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyabet penghargaan dari Priyadarshni Academy. Ketua Umum Partai Golkar itu dinilai berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional saat pandemi COVID-19.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Pakar Komunikasi Politik, Emrus Sihombing menilai penghargaan dari Priyadarshni Academy itu sebagai pengakuan dunia internasional atas kinerja Airlangga. 

"Saya sebagai ilmuwan komunikasi menyampaikan selamat kepada pak Airlangga Hartarto atas keberhasilan ini. Saya harus katakan penghargaan ini memang bukti atas kinerja beliau selama ini dalam upaya pemulihan ekonomi pada masa pandemi," kata Emrus, dalam keterangannya dikutip pada Jumat, 24 September 2021.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Emrus menganalisa respons Airlangga juga cukup baik karena tak pernah diklaim sebagai keberhasilan dirinya sendiri. Dari sudut komunikasi, ia melihat Airlangga bukan orang egois. 

Bagi dia, kondisi Indonesia masih ada perbaikan di tengah pandemi COVID-19 dengan banyak negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi minus. Bahkan, ia menyinggung pertumbuhan ekonomi sebesar 7,07 persen, pada kuartal kedua tahun ini. 

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

"Kita harus jujur mengakui di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto dalam mengkoordinir bidang perekonomian Indonesia sangat sukses. Ada pertumbuhan ekonomi yang sangat bagus," lanjut Emrus. 

Emrus menyebut Airlangga sebagai dirigen dari orchestra perekonomian nasional Indonesia. Kata Emrus, 
hal itu adalah lambang non verbal yang bisa dimaknai bahwa perekonomian nasional di bawah Airlangga baik. 

Dia yakin Priyadarshni Academy sebagai lembaga dari India yang independen dalam mengumpulkan data. "Fakta dan bukti serta semua pasti diverifikasi kebenarannya," jelas Emrus. 

Pun, ia menekankan kinerja Airlanga sesuai dengan tag line dalam berbagai baliho yang dipasang kader-kader Partai Golkar yakni Kerja untuk Indonesia. 

"Airlangga tidak bekerja untuk pencitraan, tapi sebaliknya bekerja untuk menimbulkan citra," tutur Emrus.

Menurutnya, dari aspek komunikasi ini, Airlangga dinilai positif karena tak pernah menonjolkan dirinya sendiri. Tapi, justru Ketua Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu menunjukkan kinerja dan terserah masyarakat yang menilai. "Salah satu hasilnya adalah penghargaan dari Priyadarshni itu," sebut dosen Universitas Pelita Harapan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya