Ziarah Makam Kiai di Klaten, Airlangga Didoakan Sukses di 2024

Airlangga Hartarto Ziarah ke Makam Mbah Lim di Klaten Jateng
Sumber :

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, didoakan bisa suksesi pada 2024 mendatang. Meski tidak spesifik, namun kemungkinan yang dimaksud adalah terkait Pemilu 2024. Itu terjadi saat di sela-sela kunjungan kerja ke Klaten, Airlangga menyempatkan berziarah ke makam KH Moeslim Rifai Imam Putra atau yang dikenal dengan nama Mbah Lim, di Ponpes Almuttaqien Pancasila Sakti, Klaten Jawa Tengah.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Untuk diketahui, Mbah Lim adalah pendiri Ponpes Almuttaqien Pancasila Sakti, di Kampung Sumberrejo Wangi, Desa Troso Kecamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah. Semasa hidupnya Mbah Lim dikenal salah satu guru spiritual dan sahabat karib Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Selain itu Mbah Lim dikenal sebagai ulama "nyentrik" yang berjiwa nasionalis dan yang pertama mendengungkan kata; "NKRI Harga Mati".

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Lagu Indonesia Raya mengiringi kedatangan Ketua Umum DPP Partai Golkar itu. Juga disambut oleh pengasuh Ponpes dan putra putri Mbah Lim antara lain: KH Jalaludin Muslim, KH Saifudin Zuhri Alhadi, KH Muhamad Choiri Fathullah Al Alawi, dan KH Jazuli Kasmani. 

"Saya datang ke sini untuk ziarah ke makam Mbah Lim yang kalau dihubung-hubungkan masih ada jalur famili dengan mbah dan buyut saya di Klaten sini. Sekaligus menjalin silaturahmi dengan anak dan cucunya beliau. Kami berharap mempunyai tali silaturahmi dengan keluarga besar Pondok Pesantren Almuttaqien Pancasila Sakti (Alpansa)," kata Airlangga dalam keterangannya, Jumat 24 September 2021.

Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Permasalahan Pemilu Sudah Selesai

Turut mendampingi Airlangga adalah sejumlah petinggi partai berlambang pohon beringin itu seperti Agus Gumiwang Kartasasmita, Dito Ganinduto, Nusron Wahid dan beberapa anggota DPR.

"Saya senang dengan pengembangan ponpes di sini. Saya lihat ada Balai Latihan Kerja (BLK), dan Lembaga Wakaf Mikro. Saya kira sudah baik. Tinggal bagaimana dikembangkan lebih lanjut," katanya.

KH Saifudin Zuhri salah satu putra Mbah Lim menyatakan, Airlangga bukan orang lain bagi dzurriyah Mbah Lim.

"Ayahnya beliau Pak Hartarto sama Ibu Tien Suharto dulu sering sowan dan datang ke sini. Membicarakan masalah kebangsaan. Beliau juga keturunan Ki Ageng Gribig. Sehingga kita masih ada hubungan famili di atas-atasnya sana. Jadi kalau beliau punya hajat, sebagai famili dan saudara harus kita bantu dan dukung," jelasnya.

Maka ziarah ini juga menurutnya, sebagai salah satu cara untuk menyambung tali silaturahim. Selain sebagai sesama anak bangsa, juga masih memiliki hubungan persaudaraan. "Wah ini ketemu dulur. Dulur iki. Satu trah," kata Airlangga.

KH Saifudin Zuhri usai ziarah mengatakan, antara Mbah Lim dan buyutnya Airlangga terbilang sama-sama trah di Pakubuwono IV dan Mangkunegara I. "Wis saya doakan moga sukses tahun 2024. Apalagi saudara sendiri," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya