Lodewijk Gantikan Azis Syamsuddin Jadi Wakil Ketua DPR

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berbincang dengan Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus (kanan) saat menghadiri pembekalan caleg DPR Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Lodewijk Paulus disebut menggantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI. Setelah Azis ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Airlangga Percaya Diri Dipilih Lagi secara Aklamasi di Munas Golkar

Kabar itu disampaikan oleh Ketua DPP Partai Golkar Firman Soebagyo. Firman mengatakan, ada banyak pertimbangan kenapa kemudian Ketua Umum Airlangga Hartarto memilih Lodewijk sebagai Wakil Ketua DPR.

"Ya pertimbangannya yang terbaiklah, terbaik untuk semuanya. Karena partai kan harus bisa mereduksi kemungkinan internal jangan sampai ada faksi," kata Firman di Kompleks Parlemen, Senin 27 September 2021.

PDIP Dukung PPP Jalin Komunikasi Politik dengan Parpol Lain

Selain posisi Wakil Ketua DPR dan Waketum Golkar bidang polhukam, ada pergantian Waketum Bidang Sosial DPP Golkar. Jabatan Waketum Bidang Sosial yang sebelumnya dijabat Roem Kono, akan dipegang oleh Firman.

"Karena Pak Roem Kono sebagai dubes, saya menggantikan Wakil Ketua Umum Bidang Sosial," ujar Firman.

Sekjen Gerindra Sebut Mudah-mudahan PPP Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Menurut Firman, pemilihan Lodewijk sebagai Wakil Ketua DPR RI sangat tepat. Sebab Lodewijk dianggap sebagai tokoh yang mempunyai banyak pengalaman dan juga salah satu tokoh yang senior di Partai Golkar.

"Kalau sudah sekjen, sekjen sudah dua periode ini kan saya rasa cukup. Sekjen itu kan tanda tangan bersama beliau, kan sekjen itu kayak suami istri. Sangat dekat lah," ujar Firman.

Sementara itu, untuk posisi Azis sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar akan diisi oleh Adie Kadir. "Menggantikan posisi wakil ketua Umum di bidang Polhukam itu adalah pak Adies," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya