Sosok Lodewijk, Pengganti Azis Syamsuddin Sebagai Wakil Ketua DPR

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) didampingi Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan, akhirnya resmi diputuskan. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, mengumumkan nama Letnan Jenderal (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus, menggantikan Azis yang saat ini ditahan dan ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Lodewijk bukan nama baru di kepengurusan Partai Golkar. Di era Ketum Setya Novanto, pensiunan jenderal bintang tiga ini diplot sebagai Pelaksana Tugas Ketua DPD Golkar Lampung dan Ketua Koordinator Bidang Kajian Strategis dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Sementara di DPR, Lodewijk berada di Komisi I yang membidangi pertahanan dan intelojen. 

"Lodewijk adalah purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Jenderal Bintang 3 dan (terpilih) mewakili Lampung pada periode 2019-2024," kata Ketua Umum Airlangga Hartarto, di Gedung DPR, Rabu 29 September 2021.

Airlangga Percaya Diri Dipilih Lagi secara Aklamasi di Munas Golkar

Sebelumnya Lodewijk juga pernah memegang jabatan sebagai Komandan Koddiklat di TNI AD. "Beliau juga pernah di Kodam Jaya di tahun 2013, setelah Koddiklat baru bergabung dengan Partai Golkar," ujarnya.

Jelas Airlangga, penunjukkan Lodewijk sebagai Wakil Ketua DPR menggantikan Azis, sudah melakukan rapat pleno terbatas dan rapat pleno harian partai tersebut. Sehingga proses di internal Golkar juga sesuai dengan mekanisme. 

PDIP Dukung PPP Jalin Komunikasi Politik dengan Parpol Lain

"Sama seperti yang disampaikan ibu Ketua DPR. Di DPR pun akan berjalan sesuai degn mekanisme yang ada. Sesuai dengan mekanisme yang berlaku, kami telah berkonsultasi dengan seluruh senior Partai Golkar di Dewan Pembina, Dewan Kehormatan dan juga Dewan Pakar," jelas Airlangga.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, resmi mengajukan nama Sekjen Lodewijk Paulus sebagai Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin. Airlangga secara langsung menyampaikan surat permohonan persetujuan Pengganti Antar Waktu atau PAW pimpinan DPR RI dari Partai Golkar.

"Dalam rapat pleno tanggal 27 September kemarin, Partai Golkar telah memutuskan untuk menunjuk saudara Lodewijk F Paulus sebagai calon wakil ketua DPR menggantikan saudara Azis syamsuddin," kata Airlangga, di Gedung DPR, Rabu 29 September 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya