Sekjen Gerindra Bicara Regenerasi Kepemimpinan

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani berbicara mengenai pentingnya regenerasi kepemimpinan dalam upaya menjaga keberlanjutan regenerasi politik. Menurutnya, agar perjuangan politik dapat berumur panjang sepanjang Republik Indonesia berdiri, maka idealisme perjuangan tetap perlu dijaga. 

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

"Itu sebabnya kontinuitas kepemimpin, regenerasi, dan kaderisasi sangat diperlukan untuk menjaga perjuangan kita. Idealisme adalah sebuah cara yang akan kita junjung tinggi. Cita-cita kita akan terus diperjuangkan dengan mengedepankan kepentingan rakyat," kata Muzani, dalam keterangannya, Senin, 4 Oktober 2021.

Menurutnya, memperjuangkan idealisme politik bukan hal mudah karena perjuangan politik sering kali tergoda oleh jebakan pragmatisme. 

Pencalonan Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi: Jangankan Maju, Mundur Saja Siap

"Usaha untuk terus memperjuangkan kepentingan rakyat harus terus kita lakukan dengan menguatkan idealisme berpolitik di Partai Gerindra sehingga pragmatisme politik atau orientasi kepentingan jangka pendek dapat dihindari dan perjuangan itu tidak berbelok dari jalurnya," ujarnya.

Idealisme saat ini, dia berpendapat, sering terbentur dengan realitas politik, bahkan sering bertabrakan dengan pragmatisme politik. Itulah sebabnya idealisme luntur dan hanya menjadi sebuah slogan sehingga politik sering dijauhkan oleh masyarakat. "Maka kader Gerindra harus selalu berjuang untuk rakyat, bukan atas nama rakyat."

Gerindra Sebut Petinggi Nasdem Bawa Kabar Gembira buat Prabowo

Wakil Ketua MPR itu menekankan, seluruh perjuangan kader Partai Gerindra di semua level, baik eksekutif maupun legislatif, hingga pengurus pusat dan daerah, tidak menjadi belantik politik. Karena itu hanya akan menyebabkan kemunduran dan keburukan dalam upaya kita membangun bangsa dan negara Indonesia. 

"Itulah kenapa regenerasi dan optimisme harus terus kita bangun. Tujuannya agar kader-kader Gerindra tidak menjadi belantik-belantik politik. Tujuan Partai Gerindra bukan itu; tujuan kita adalah menjadi partai yang selalu hadir di tengah rakyat, memperjuangkan apa yang menjadi keinginan rakyat di kala senang atau sedih," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya