DPR Harap Panglima TNI Baru Sudah Ada Sebelum 9 November

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Alutsista di HUT TNI ke-76
Sumber :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Siapa Panglima TNI yang baru, hingga kini belum bisa dipastikan. Presiden Joko Widodo juga belum menyerahkan nama calon untuk diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Sementara Panglima TNI saat ini Marsekal Hadi Tjahjanto, akan pensiun bulan depan.

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

DPR RI berharap bisa melaksanakan pelantikan calon Panglima TNI yang baru sebelum masa tugas Marsekal Hadi Tjahjanto, berakhir.

"Secara de facto beliau (Marsekal Hadi Tjahjanto) pensiun 9 November. Artinya ditarik dengan masa reses kami, pasti ada waktu. Tapi kami berharap sebelum 9 November kami punya Panglima TNI baru," kata Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Frederich Paulus kepada awak media, Selasa, 5 Oktober 2021.

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

Lebih jauh dia menegaskan, DPR masih punya waktu untuk uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) serta pelantikan Panglima TNI baru, meskipun memasuki masa reses pada 8 Oktober 2021.

"Saya kira waktunya, kami ada," kata dia.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Berdasarkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, usia pensiun paling tinggi bagi perwira yakni 58 tahun. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sendiri akan memasuki usia ke 58 tahun pada 8 November 2021.

Setidaknya ada 3 orang kandidat yang bakal menggantikan Hadi, yakni KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksmana Yudo Margono dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya