Survei SMRC: Puan di Bawah 1 Persen, Giring Nol

Ilustrasi hasil survei.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya, mengenai tingkat keterpilihan pada pemilu presiden atau pilpres, jika digelar saat ini. Ada puluhan nama figur yang disodorkan untuk dipilih.

Pakar Hukum Tegaskan Amicus Curiae Bukan Alat Bukti, Tak Bisa Tekan Hakim

Menariknya, hasil survei ini menunjukkan elektabilitas Ketua DPR Puan Maharani masih di bawah 1 persen. Bahkan disebutkan lebih rendah dari elektabilitas mantan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.

Jika merujuk hasil survei ini, urutan pertama masih bertengger nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan angka 18,1 persen. Kemudian posisi kedua Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan angka 15,8 persen, disusul urutan ketiga adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 11,1 persen.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

"Dalam format pertanyaan semi terbuka dengan daftar 42 nama, Prabowo mendapat dukungan 18,1 persen, disusul Ganjar Pranowo 15,8 persen, Anies Baswedan 11,1 persen," kata Direktur riset SMRC, Deni Irvani dalam pemaparannya secara virtual, Kamis 7 Oktober 2021.

Posisi selanjutnya yakni Sandiaga Uno sebesar 4,8 persen. Kemudian Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 3,6 persen, Ridwan Kamil 3 persen, disusul Megawati Soekarno Putri dengan angka yang sama. 

Pengajuan Amicus Curiae Megawati Dinilai Tak Tepat, Sebab Termasuk Pihak Bersengketa

Selanjutnya, ada juga nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan angka 2,8 persen, kemudian Tri Rismaharini dengan angka 2,3. Setelahnya ada nama Khofifah Indar Parawansa 2,1 persen, kemudian Susi Pudjiastuti dengan angka 1,6 persen.

Di bawah Susi terdapat nama Habib Rizieq dengan angka sama yakni 1,6 persen, kemudian Ma'ruf Amin 1,4 persen dan Gatot Nurmantyo dengan angka sama 1,4 persen.

Selanjutnya, ada Menko Polhukam Mahfud MD dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo sama-sama mendapat angka dukungan 1,1 persen. Disusul Erick Thorir 1,0 persen. 

Sedangkan Puan Maharani dan Muhaimin Islandar mendapat 0,8 persen. Angka itu hanya terpaut setingkat dengan Sri Mulyani dan Andika Perkasa yang sama-sama memperoleh 0,7 persen. Sementara Tito Karnavian dan Zulkifli Hasan 0,1 persen. 

Sedangkan nama Moeldoko, Grace Natalie hingga Giring Ganesha tidak mendapat dukungan yakni 0 persen saja.

Survei sendiri dilakukan pada periode 15-21 September 2021. Dengan melibatkan 1220 dengan 981 responden yang valid terpilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya