SMRC Ungkap 3 Faktor Elektabilitas Partai Golkar Naik

Ilustrasi Partai Golkar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan kenaikan elektabilitas Partai Golkar, dari 8,4% pada Maret 2020 menjadi 11,3% pada September 2021. Kenaikan tersebut menurut Peneliti SMRC, Saidiman Ahmad, diduga karena tiga faktor.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Pertama, kata dia, secara internal, Golkar cukup solid di bawah pimpinan Airlangga Hartarto. Kedua, Golkar memang tampak cukup konsisten bergerak melalui media-media luar ruang.

"Saya duga ini lumayan mendongkrak memori kolektif warga tentang Golkar, di mana pada saat yang sama, partai lain belum banyak bergerak," kata Saidiman saat dihubungi, Jumat, 8 Oktober 2021.

Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

Ketiga, lanjut dia, Golkar sejauh ini juga sangat solid mendukung program pembangunan ekonomi dan pemulihan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan itu dirasakan manfaatnya oleh publik luas.

Baca juga: Popularitas Naik, Golkar Solid Usung Airlangga Sebagai Capres 2024

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meski secara elektabilitas masih rendah, namun popularitasnya juga beranjak naik. Mengenai hal itu, Saidiman menilai disebabkan kombinasi dua hal antara kampanye media luar ruang yang masif, dan peran Airlangga sebagai tokoh sentral penanganan COVID dan pemulihan ekonomi.

"Saya kira kenaikan ini kombinasi antara dua hal itu. Selain ada kampanye media luar ruang yang masif, Airlangga Hartarto memang menjadi tokoh sentral pemulihan ekonomi dan kesehatan," kata Saidiman.

Hasil survei SMRC menunjukkan jika pemilu diadakan sekarang (saat survei dilakukan), elektabilitas PDIP masih memimpin 22,1%, diikuti Partai Golkar 11,3%, PKB 10%, Gerindra 9,9% Demokrat 8,6%, PKS 6%, dan Nasdem 4,2%. Sementara, partai-partai lain di bawah 3%, dan yang belum tahu 18,8%.

Survei dilakukan SMRC pada periode 15-21 September 2021 melalui wawancara tatap muka. Pengambilan sampel dilakukan dengan multistage random sampling, sebanyak 1220 responden dengan response rate 80% atau 981 responden berhasil diwawancara. Margin of error diperkirakan sebesar +- 3,19% pada tingkat kepercayaan 95%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya