Gerindra: Prabowo Belum Bicarakan Pencapresan 2024

Sufmi Dasco Ahmad.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ridho Permana

VIVA – Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, angkat bicara mengenai Partai Gerindra yang akan mengusung kembali Ketua Umumnya Parabowo Subianto sebagai Capres di Pemilu 2024. Menurut Dasco, keinginan tersebut muncul dari sebagian besar kader Partai Gerindra saat acara konsolidasi Partai di berbagai daerah.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

Namun, Dasco mengatakan sampai saat ini apa yang menjadi keinginan kader tersebut, masih ditampung oleh Partai. Sebab untuk menyatakan bahwa seseorang menjadi calon presiden dari partai Gerindra, ada forum yang akan diadakan untuk mengukuhkan hal tersebut.

"Apa yang disampaikan para kader itu baru kita tampung karena untuk menyatakan bahwa seseorang menjadi calon presiden dari partai gerindra termasuk Pak Prabowo ada forum yang akan diadakan untuk itu," kata Dasco, Senin 11 Oktober 2021.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Ketika disinggung mengenai kemungkinan berkoalisi dengan partai lain, Dasco menilai itu masih terlalu dini untuk dibicarakan. "Karena kita masih menununggu kepastian apakah juga Pak Prabowo bersedia dicalonkan menjadi presiden oleh partai Gerindra," ujarnya.

Prabowo Subianto di Podcast Deddy Corbuzier.

Photo :
  • Repro youtube Deddy Corbuzier.
Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Dasco mengungkapkan sejauh ini belum ada pembicaraan resmi di partai mengenai masalah calon presiden. Menurut Dasco, dalam pembicaraan-pembicaraan informal Prabowo menyatakan masih fokus kerja membantu presiden Jokowi di bidang pertahanan. 

"Oleh karena itu temen-temen mohon bersabar sedikit. Nanti ada waktunya kita dari partai gerindra akan mengeluarkan pernyataan-pernyataan resmi mengenai calon Presiden yang akan diusung oleh Partai Gerindra," ujarnya.

Untuk kemungkinan berkoalisi dengan PDIP ataupun Golkar, Dasco juga tak memberikan jawaban pasti. Karena pemilu 2024 masih akan dilaksanakan beberapa tahun lagi.

"Kita masih terlalu belum kemudian ada sikap resmi mengenai siapa calon Presiden. Nanti kalau sudah ada kita pasti akan mengarah kepada koalisi terhadap partai yang bisa mengusung Presiden," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto akan maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan Ahmad Muzani saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Dewan Pimpinan Daerah Gerindra Sulawesi Selatan. Dalam Rakorda ini DPD Gerindra Sulsel meminta kesediaan Prabowo untuk maju di Pilpres 2024. Seluruh komponen Gerindra Sulsel mulai DPD, DPC, PAC hingga ranting mengaku siap memenangkan Prabowo. 

"Saya katakan, 2024 Pak Prabowo Insya Allah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua. Majunya beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud. Maka apa yang baru saudara ucapkan (meminta Prabowo maju di pilpres) akan kami teruskan. Dan dengan tidak mendahului jawaban beliau, saya katakan sekali lagi Insya Allah Pak Prabowo akan maju di Pilpres 2024," ujar Muzani dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 10 Oktober 2021.

Baca juga: Gerindra Usung Prabowo Capres 2024, PKS Tetap Buka Peluang Koalisi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya