Ganjar-SYL Saling Balas Pujian, Pengamat: Salah Satu Opsi di 2024

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • tvOne/Teguh Sutrisno

VIVA – Video yang diunggah Ganjar Pranowo di akun Instagram miliknya berjudul 'Pujian Balas Pujian', menarik perhatin sejumlah pihak. Dialog keduanya terjadi ketika peringatan Hari Rabies Sedunia, beberapa waktu lalu.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap-Ajak-Bersama-sama

Ganjar yang merupakan Gubernur Jawa Tengah, memuji kinerja Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Yang menurutnya memiliki karir politik yang lengkap dari lurah hingga gubernur dan kini menteri. SYL tak kalah memuji kinerja Ganjar.

Pengamat politik Karyono Wibowo, punya pandangan terhadap video viral tersebut. Yakni mengkaitkan dengan konstelasi Pilpres 2024. Ganjar dalam banyak survei, selalu menempati posisi teratas sebagai bakal capres yang elektabilitasnya tinggi. 

Putusan MK Bersifat Final, Prof Niam: Kontestasi Telah Usai, Saatnya Bersatu

Sementara SYL, dianggap sebagai figur yang cukup mampu dan juga berasal dari luar Jawa. Sehingga kombinasi ini, menurutnya cukup bisa menambah tingkat keterpilihan.

"Jadi kalau menurut saya, (Ganjar-SYL) salah satu opsi lah ya," kata Karyono, Selasa 12 Oktober 2021.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Elektabilitas Tinggi

Dengan elektabilitas Ganjar yang tinggi, menurutnya kans politisi PDI Perjuangan itu juga cukup kuat untuk diusung sebagai capres di Pilpres 2024. Apalagi belakangan banyak tokoh politik yang bertemu dengannya.

Figur-figur politisi nasional yang sudah bertemu dengan Ganjar seperti Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, hingga Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Meski demikian, ia menilai akan lebih cocok jika ada perpaduan antara calon dari Jawa dan luar Jawa. Karena bisa mendulang suara yang lebih besar.

"Kans untuk jadi capres itu Ganjar sangat kuat sekali. Nah kalau untuk pasangannya memang secara politik itu ada luar jawa," katanya.

Meski ada kemungkinan demikian, tapi menurut Karyono perlu dilihat lebih dalam dan luas lagi mengenai peluang Ganjar-SYL ini. Termasuk apakah data survei terbaru, jika kedua nama ini ditampilkan ke publik. Karena pasangan calon harus mampu mendongkrak elektabilitas satu sama lainnya.

"Harus melihat data surveinya. Apakah pasangan Ganjar dan Syahrul Yasin Limpo cukup kuat atau justru lemah. Apakah faktor Syahrul Yasin Limpo itu menjadi variabel penguat elektabilitas Ganjar atau justru sebaliknya, atau tidak berpengaruh apa-apa, atau justru malah menurun," jelasnya.

Saling Memuji Kepemimpinan

Dalam video 'Pujian Balas Pujian' tersebut, SYL mempersilakan Ganjar berbicara melalui video zoom meeting.

"Sekarang gilirannya gubernur yang paling gagah di dunia adalah Pak Ganjar, silahkan Jawa Tengah," kata SYL sapaan akrab Syahrul.

Ganjar yang dipersilahkan berbicara oleh SYL pun membalas pujian tersebut. Ganjar menilai, Kementerian Pertanian melalui Syahrul memiliki komitmen luar biasa.

"Justru kita melihat dulu katanya, 'Wah Pak Syahrul ini bukan insinyur pertanian, bukan dokter hewan, bukan sarjana peternakan.' Tapi ingat Pak Syahrul ini pernah menjabat mulai lurah, camat, bupati sudah lengkap lah," tutur Ganjar.

Ia juga mengungkapkan, SYL merupakan satu-satunya politisi di Indonesia yang karirnya selalu naik.

"Jadi kalau orang bercerita politik manajerial terkait dengan apapun, beliau ini jagonya," tutur Ganjar.

Menanggapi itu, SYL menuturkan, hadirnya seorang pimpinan di suatu daerah yang kuat, membuat akselerasi pasti bisa berjalan hanya dengan pemerintahan yang kuat.

"Dan pemerintahan yang kuat itu harus diawali dengan hadirnya pemimpin-pemimpin yang sangat so care, so sharing, so hearness terhadap kepentingan rakyat dan tidak meladeni dirinya sendiri dan itu ditunjukkan pada gubernur yang hadir dilayar ini dan termasuk yang terakhir sekali Pak Ganjar," kata SYL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya