Mahfud Ungkap Alasan Pemerintah Baru Usulkan Jadwal Pemilu 2024

Mahfud MD
Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud Md angkat bicara mengenai alasan pemerintah baru mengusulkan jadwal pemilu tahun 2024. Kenapa tidak sejak dulu usul tersebut diajukan oleh pemerintah? 

Mahfud berdalih, karena yang berwenang mengenai penetapan akhirnya adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU), sementara Pemerintah dan DPR hanya mengusulkan. 

“Ya, iyalah. KPU yang berwenang menetapkan jadwal Pemilu kan baru meminta pendapat Pemerintah dan DPR sesuai ketentuan UU. Kalau belum diminta kita, kok ngajukan duluan nanti dituding ada agenda terselubung,” kata Mahfud dalam akun Twitter-nya, sebagaimana dikutip, Minggu, 17 Oktober 2021. 

Pemerintah mengusulkan pemilu serentak 2024 diselnggarakan pada 15 Mei 2024. Menurut Mahfud, pemerintah hanya mengusulkan tanggal pelaksanaan pemilu, sedangkan keputusan tanggal pelaksanaannya ditetapkan oleh KPU.

“Sebaliknya kalau sudah dimintai pendapat secara resmi kok tidak mengusulkan nanti kita bisa dituding tak mau adakan Pemilu. Makanya kami usul hari H Pemilu yang efisien waktu dan biayanya tanpa melanggar agenda konstitusional. Itu sudah dengan simulasi yang ketat. KPU dan DPR bisa membuat usul juga,” ujarnya.

Dikritik Demokrat